Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Pembiayaan Mikro Pada Koperasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Agribisnis (LKMS-A) Gapoktan Panampuang Prima Di Kabupaten Agam

Rika, Devianti (2023) Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Pembiayaan Mikro Pada Koperasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Agribisnis (LKMS-A) Gapoktan Panampuang Prima Di Kabupaten Agam. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lembaga Keuangan Mikro Syariah Agribisnis merupakan lembaga yang memberikan pelayanan jasa kepada nasabah, oleh sebab itu Koperasi LKMS-A Gapoktan Panampuang Prima harus meningkatkan fasilitas dan kualitas pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan keberlanjutan Koperasi LKMS-A Gapoktan Panampuang Prima dan menjaga hubungan baik dengan nasabah kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut-atribut pelayanan yang dianggap penting oleh nasabah serta menganalisis tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan yang diberikan oleh Koperasi LKMS-A Gapoktan Panampuang Prima. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni tahun 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Metode pengambilan sampel yang digunakan Metode Cluster Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang nasabah Koperasi LKMS-A Gapoktan Panampuang Prima. Analisis data yang diterapkan yaitu Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan nasabah Koperasi LKMS-A Gapoktan Panampuang Prima dilihat dari nilai Customer Satisfaction Index sebesar 79,6 persen dan berada dalam kriteria puas. Berdasarkan hasil Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan atribut yang dinilai penting namun kinerjanya dibawah nilai rataan yaitu besarnya plafon pinjaman, agunan yang diberikan ringan, tenggang waktu pelunasan dan bunga pinjaman yang dibayarkan ringan. Disarankan kepada pihak LKMS-A untuk meningkatkan kepuasan nasabah agar mencapai nilai maksimal dengan cara meningkatkan kinerja pada atribut yang dinilai rendah oleh nasabah serta mempertahankan atribut yang telah menunjukkan kinerja yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Zednita Azriani, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kepentingan, Kepuasan, Kinerja, LKMS-A, Pelayanan Pembiayaan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:01
Last Modified: 21 Nov 2023 03:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458457

Actions (login required)

View Item View Item