LIFE CYCLE ASSESSMENT PEMANFAATAN SEKAM PADI SEBAGAI SUBSTITUSI BAHAN BAKAR BATU BARA PADA PROSES PEMBAKARAN DI KILN SYSTEM PT SEMEN PADANG

Bunga, Rifania (2023) LIFE CYCLE ASSESSMENT PEMANFAATAN SEKAM PADI SEBAGAI SUBSTITUSI BAHAN BAKAR BATU BARA PADA PROSES PEMBAKARAN DI KILN SYSTEM PT SEMEN PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (72kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (BAB akhir (Penutup))
BAB akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah utuh)
Tugas Akhir Ilmiah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT Semen Padang memproduksi clinker yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan semen dari hasil pemanasan bahan baku menggunakan energi panas dari batu bara. Pada tahun 2019, PT Semen Padang memproduksi clinker 5,7 juta ton/tahun dengan penggunaan batu bara 26,6 ribu ton/tahun. Proses tersebut menimbulkan dampak ke lingkungan, sehingga PT Semen Padang berupaya menurunkan emisi dengan substitusi sekam padi terhadap batu bara. Sekam padi dipilih sebagai bahan bakar alternatif karena renewable, sustainable, produksinya yang melimpah di Indonesia, pemanfaatannya masih sangat terbatas, lokasinya sudah terkonsentrasi di unit penggilingan padi, ukurannya memenuhi kriteria untuk dimanfaatkan di pabrik semen dan zero waste. Penelitian ini bertujuan menganalisis daur hidup pemanfaatan sekam padi sebagai substitusi batu bara pada proses pembakaran di kiln system melalui analisis Life Cycle Assessment (LCA) dengan pendekatan gate to gate. Langkah-langkah evaluasi mengacu pada SNI ISO 14044 tahun 2017. Software yang digunakan SimaPro versi 9.3.0.3. Metode penilaian dampak yang digunakan IMPACT 2002+. Dua skenario yang dinilai dalam penelitian ini yaitu skenario 1 (100% batu bara) dan skenario 2 (substitusi sekam padi terhadap batu bara dengan Thermal Substitution Rate (TSR) 7,017%). Penentuan persentase skenario 2 berdasarkan data jumlah dan nilai kalor bahan bakar di PT Semen Padang yang akan berkaitan dengan TSR. Hasil penilaian dampak berdasarkan hasil single score skenario 1 (3,140 x 10-1 Pt) lebih besar dari skenario 2 (3,023 x 10-1 Pt) dengan kategori dampak terbesar adalah global warming. Rekomendasi perbaikan yang dapat diberikan adalah mengurangi pemakaian batu bara dengan meningkatkan pemakaian sekam padi dengan TSR 35%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rizki Aziz, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Batu Bara, IMPACT 2002+, Life Cycle Assessment (LCA), PT Semen Padang, Sekam Padi
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:54
Last Modified: 21 Nov 2023 07:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458404

Actions (login required)

View Item View Item