TINGKAT SERANGAN HAMA PENGGEREK BUAH KAKAO (Conopomorpha cramerella ) PADA PERKEBUNAN RAKYAT di KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

HIJRIATUL, AULIA (2023) TINGKAT SERANGAN HAMA PENGGEREK BUAH KAKAO (Conopomorpha cramerella ) PADA PERKEBUNAN RAKYAT di KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK HIJRIATUL AULIA)
COVER DAN ABSTRAK-1.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (BAB I HIJRIATUL AULIA)
BAB I.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (BAB V HIJRIATUL AULIA)
BAB V.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL HIJRIATUL AULIA)
SKRIPSI_HIJRIATUL_AULIA_NEW_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)

Abstract

Kakao (Theobroma cacao L.) merupakan salah satu komoditas tanaman perkebunan penting di Kabupaten Lima Puluh Kota. Namun, kakao sering mengalami permasalahan seperti serangan hama yang disebabkan oleh hama penggerek buah kakao (Conopomorpha cramerella). Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat serangan hama penggerek buah kakao pada perkebunan rakyat di Kecamatan Akabiluru, Kecamatan Guguak, dan Kecamatan Payakumbuh. Penelitian ini telah dilaksanakan di enam lokasi, yaitu Nagari Suayan, Sungai Balantiak, Balubuih, Guguak VIII Koto, Piobang dan Koto Baru Simalanggang. Penelitian menggunakan metode survei dan penentuan lokasi penelitian diambil secara Purposive sampling dengan kriteria luas lahan 0,25 ha, tanaman telah berproduksi berusia 4 tahun dan tanaman terserang hama PBK. Parameter yang diamati adalah kondisi pertanaman kakao, persentase tanaman terserang, persentase buah terserang dan intensitas serangan hama PBK. Pengamatan dilakukan dengan interval sekali 2 minggu sebanyak 4 kali. Hasil penelitian menunjukkan persentase serangan PBK tertinggi pada Kecamatan Akabiluru Nagari Sungai Balantiak dengan persentase tanaman terserang, buah terserang dan intensitas serangan berturut-turut yaitu 60,6%, 23,17% dan 30,83%. Sedangkan tingkat serangan terendah terdapat pada Kecamatan Guguak Nagari Balubuih dimana persentase tanaman terserang, buah terserang dan intensitas serangan berturut-turut yaitu 51,25%, 12,23% dan 14,72%. Tingkat serangan hama PBK tinggi dapat ditangani dengan pemeliharaan berupa pemangkasan, pemupukan, sanitasi dan panen teratur. Kata kunci : kakao, tanaman terserang, buah terserang, pemeliharaan kakao.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Yaherwandi, M. Si
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 20 Nov 2023 09:12
Last Modified: 20 Nov 2023 09:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458400

Actions (login required)

View Item View Item