Efektivitas Sediaan Simplisia dan Ekstrak Etanol Tanaman Ciplukan (Physalis angulate L.) Terhadap Organ Limfoid Ayam Broiler yang Diinfeksi Virus Newcastle Disease (ND)

Rama, Juwita Fitri (2023) Efektivitas Sediaan Simplisia dan Ekstrak Etanol Tanaman Ciplukan (Physalis angulate L.) Terhadap Organ Limfoid Ayam Broiler yang Diinfeksi Virus Newcastle Disease (ND). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover abstraks 1.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (499kB)
[img] Text (FULL TESIS)
Tesis Rama Juwita full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas sediaan simplisia dan ekstrak etanol tanaman ciplukan (Physalis angulata L.) terhadap bobot relatif organ bursa fabrisius dan organ limpa serta histopatologi organ limpa ayam broiler yang diinfeksi virus Newcastle Disease (ND). Materi penelitian ini menggunakan DOC ayam broiler CP 707 berjumlah 24 ekor, tanaman ciplukan (ekstrak dan simplisia), isolat ND velogenik, Vaksin ND live komersil Medivac ND®, Ransum komplit broiler komersil. Rancangan penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan kombinasi perlakuan diperoleh sebanyak 8 perlakuan dengan 3 ulangan. Kelompok 1 (K1) sebagai kontrol negatif yaitu kelompok tanpa perlakuan, kelompok 2 (K2) sebagai kelompok positif kelompok tanpa perlakuan dan diberi vaksin ND. Kelompok 3 (E1) yaitu kelompok yang diberi vaksin dan ekstrak tanaman ciplukan dosis 0, 15 mg/10 ml, kelompok 4 (E2) yaitu kelompok yang diberi vaksin dan ekstrak tanaman ciplukan dosis 0, 25 mg/10 ml, kelompok 5 (E3) yaitu kelompok yang diberi vaksin dan ekstrak tanaman ciplukan dosis 0, 35 mg/10 ml. Kelompok 6 (S1) yaitu kelompok yang diberi vaksin dan simplisia tanaman ciplukan dosis 7,5 mg/10 mg serbuk, kelompok 7 (S2) yaitu kelompok yang diberi vaksin dan simplisia tanaman ciplukan dosis 12,5 mg/10 mg serbuk, dan Kelompok 8 (S3) yaitu kelompok yang diberi vaksin dan simplisia tanaman ciplukan dosis 17,5 mg/10 mg serbuk. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis of varian (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji Duncan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan sangat nyata p<0,01 antara kelompok perlakuan K1 dan K2 dengan E1, E2, E3, S1, S2 dan S3. Kelompok perlakuan S3 menunjukan perubahan patologi anatomi, bobot relatif bursa fabrisius, bobot relatif limpa maupun histopatologi lebih baik dibandingkan E3. Kesimpulan pemberian sediaan simplisia dan ekstrak etanol tanaman ciplukan (Physalis angulata L.) memiliki efektivitas terhadap organ limfoid ayam broiler yang diinfeksi virus Newcastle Disease (ND) dalam berbagai tingkatan dosis. Kata Kunci: Physalis Angulata, Newcastle disease, Limpa

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. drh. Yulia Yellita, MP
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: s2 ilmu ternak
Date Deposited: 21 Nov 2023 04:06
Last Modified: 21 Nov 2023 04:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458393

Actions (login required)

View Item View Item