Analisis Performansi Kualitas Daya Konverter Penyearah Untuk Aplikasi Charger Kendaraan Listrik

Yoga, Saputra (2023) Analisis Performansi Kualitas Daya Konverter Penyearah Untuk Aplikasi Charger Kendaraan Listrik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (44kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Yoga Saputra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penyerah (rectifier) merupakan suatu beban non linier yang mengakibatkan adanya distorsi harmonisa pada sistem tenaga. Pada penelitian ini, topologi rectifier yang dirancang merupakan topologi yang digunakan pada charging kendaran listrik yaitu three-phase buck type rectifier, Vienna rectifier, dan three-phase boost type rectifier. Masing-masing topologi memiliki performansi kualitas daya yang berbeda untuk itu dilakukanlah penelitian ini untuk melakukan simulasi pada operasi dari berbagai topologi rectifier untuk mendapatkan perbedaan dan perbandingan performansi kualitas daya dari beberapa topologi rectifier pada charger kendaraan listrik. Topologi ini akan disimulasikan dengan sumber yang sama dan beban yang sama. Beban pada masing-masing topologi akan divariasikan untuk mengetahui pengaruh besaran beban pada topologi rectifier. Penelitian ini dilakukan melalui simulasi pada software Simulink/MATLAB. Berdasarkan simulasi yang telah dilakukan, didapatkanlah persentase harmonisa terkecil terjadi pada topologi three-phase buck type rectifier. Untuk topologi dengan nilai persentase harmonisa terbesar yaitu topologi Vienna rectifier. Besarnya nilai beban pada topologi mempengaruhi nilai THD. Untuk operasi rectifier yang memiliki nilai power factor paling ideal adalah three-phase buck type rectifier dan nilai power factor yang paling tidak ideal adalah Vienna rectifier. Untuk itu dari simulasi yang telah di lakukan ini dapat dinyatakan yang memiliki performansi kualitas daya yang paling baik adalah topologi three-phase buck type rectifier.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Muhammad Imran Hamid, S.T.,M.T.,Ph.D
Uncontrolled Keywords: Rectifier, kualitas daya, harmonisa, kendaraan listrik
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:39
Last Modified: 21 Nov 2023 03:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458361

Actions (login required)

View Item View Item