PENILAIAN KRITERIA GREEN BUILDING PADA GEDUNG LABORATORIUM SENTRAL UNIVERSITAS ANDALAS BERDASARKAN PERANGKAT PENILAIAN GREENSHIP NEW BUILDING VERSION 1.2

Fachri, Kurniawan (2023) PENILAIAN KRITERIA GREEN BUILDING PADA GEDUNG LABORATORIUM SENTRAL UNIVERSITAS ANDALAS BERDASARKAN PERANGKAT PENILAIAN GREENSHIP NEW BUILDING VERSION 1.2. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (992kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (676kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (558kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)

Abstract

Kerusakan lingkungan, global warming menjadi perhatian bagi dunia terutama ditinjau dalam bidang konstruksi. Pembangunan infrastruktur yang dilakukan secara masif dapat menimbulkan dampak negatif dan dampak positif pada lingkungan. Dampak positif dari sebuah proses konstruksi adalah fungsi bangunan namun kerusakan lingkungan pada proses konstruksi adalah dampak negatif dari pembangunan. Dengan majunya teknologi dan ilmu pengetahuan serta agar mengurangi dampak negatif dari proses konstruksi digunakan konsep sustainable construction yang mana penerapan Green Building salah satunya. Green Building adalah bangunan yang memperhatikan aspek-aspek lingkungan mulai dari tahap perencanaan, pembangunan, pengoperasian, serta pemeliharaannya. Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mengukur rating Green Building dan mengetahui predikat gedung Laboratorium Sentral Universitas Andalas berdasarkan Greenship dari GBCI. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini metode penelitian kuantitatif dengan penilaian poin setiap kategori pada Greenship. Penilaian poin didapat dengan melakukan wawancara dalam bentuk kuesioner kepada pihak organisasi proyek di Laboratorium Sentral Universitas Andalas dan observasi ke lapangan. Hasil akhir dari penilaian ini menunjukkan nilai atau persentase rating Green Building pada gedung Laboratorium Sentral Universitas Andalas sebesar 41,25%. Persentase yang didapat melebihi persentase minimun untuk predikat perunggu yaitu sebesar 35% sehingga gedung Laboratorium Sentral Universitas Andalas berdasarkan Greenship New Building Version 1.2 dari GBCI (Green Building Council Indonesia) mendapatkan predikat perunggu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: TAUFIKA OPHIYANDRI, Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 20 Nov 2023 08:07
Last Modified: 20 Nov 2023 08:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458353

Actions (login required)

View Item View Item