EFIKASI BEBERAPA JENIS INSEKTISIDA DAN PENGARUHNYA TERHADAP POPULASI HAMA POTENSIAL PADA TANAMAN BROKOLI (Brassica olerasea L. var. italica)

Sari, Arni Permata (2023) EFIKASI BEBERAPA JENIS INSEKTISIDA DAN PENGARUHNYA TERHADAP POPULASI HAMA POTENSIAL PADA TANAMAN BROKOLI (Brassica olerasea L. var. italica). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text (pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (kesimpulan)
Kesimpulan Arni.pdf - Published Version

Download (16kB)
[img] Text (full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (921kB) | Request a copy

Abstract

Efikasi merupakan salah satu uji yang dilakukan pada pestisida untuk melihat aktivitasnya di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh beberapa jenis insektisida terhadap populasi hama potensial pada tanaman brokoli (Brassica olerasea L. var. italica). Penelitian ini bersifat eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 Perlakuan dan 7 ulangan. Perlakuan terdiri dari A) Kontrol (Tanpa Perlakuan), B) Insektisida Nabati (Nanoemulsi campuran ekstrak Piper aduncum dan hidrosol serai wangi), C) Bioinsektisida berbahan aktif Bacillus thuringiensis, dan D) Insektisida Sintetik berbahan aktif sipermetrin. Pengamatan meliputi jenis hama, populasi hama, dan persentase tanaman terserang oleh hama utama dan hama potensial yang ada pada tanaman brokoli. Data populasi hama potensial ditransformasi (Transformation=Log(x)) dan dianalisis dengan ANOVA pada aplikasi Statistik 8, serta dilanjutkan dengan uji Least Significant Different (LSD) pada taraf 5%. Data pengamatan menunjukkan insektisida sintetik, insektisida B. thuringiensis, dan insektisida nabati berpengaruh terhadap populasi dan tingkat serangan hama potensial pada tanaman brokoli. Perlakuan insektisida sintetik, insektisida B. thuringiensis, dan insektisida nabati mengurangi populasi kutu daun, siput cangkang, siput tidak bercangkang, dan lalat pengorok daun jika dibandingkan dengan kontrol. Kata Kunci: Eksperimen, lapangan, nabati, pestisida, perlakuan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Rusdi Rusli, MS
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:37
Last Modified: 21 Nov 2023 03:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458350

Actions (login required)

View Item View Item