Aplikasi Kolom dengan Kombinasi Media Pasir dan Serbuk Kulit Jagung untuk Penyisihan Minyak dan Lemak dari Air Limbah Laundry

Savira, Insani (2023) Aplikasi Kolom dengan Kombinasi Media Pasir dan Serbuk Kulit Jagung untuk Penyisihan Minyak dan Lemak dari Air Limbah Laundry. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji aplikasi kolom dengan kombinasi media filtrasi pasir dan serbuk kulit jagung dalam menyisihkan minyak dan lemak dari air limbah laundry. Kolom terbuat dari pipa PVC berdiameter 5 cm, tinggi 40 cm, dan ketinggian bed media 30 cm dengan rasio pasir dan serbuk kulit jagung 1:1. Media pasir yang digunakan memiliki diameter 0,450 – 0,550 mm dan serbuk kulit jagung berukuran 0,075 – 0,127 mm. Sampel yang digunakan adalah sampel dari usaha laundry di Kota Padang. Kinerja kolom diuji dengan variasi kecepatan alir influen yaitu 2 gpm/ft2 dan 3 gpm/ft 2 serta variasi kondisi media dalam kolom yaitu kondisi media pasir dan serbuk kulit jagung terpisah dan tercampur serta kolom berisi serbuk kulit jagung saja dan pasir saja sebagai kontrol. Percobaan dilakukan secara triplo dengan aliran downflow selama 48 jam. Analisis konsentrasi minyak dan lemak dalam sampel dilakukan dengan metode gravimetri. Konsentrasi minyak dan lemak awal sebesar 30 dan 36 mg/L. Variasi terbaik yang menghasilkan efisiensi penyisihan minyak dan lemak tertinggi didapatkan pada variasi kolom dengan kondisi media terpisah pada kecepatan alir influen 2 gpm/ft 2 dengan rata-rata efisiensi penyisihan sebesar 82,04%. Hasil penelitian menunjukkan kombinasi media pasir dan serbuk kulit jagung dengan kondisi terpisah dalam kolom mampu meningkatkan efisiensi penyisihan minyak dan lemak. Hasil ini membuktikan bahwa kombinasi media pasir dan serbuk kulit jagung berpotensi diterapkan dalam menyisihkan minyak dan lemak dalam pengolahan air limbah laundry.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Denny Helard
Uncontrolled Keywords: Air limbah laundry, kolom, kombinasi media filtrasi, minyak dan lemak, serbuk kulit jagung.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 20 Nov 2023 08:32
Last Modified: 20 Nov 2023 08:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458345

Actions (login required)

View Item View Item