Analisis Pengaruh TOC, pH, DO, dan Suhu terhadap Keberadaan Comammox pada Sedimen Lingkungan Alami dan Buatan di Sumatra Barat

Choirinisa, Justika Asih (2023) Analisis Pengaruh TOC, pH, DO, dan Suhu terhadap Keberadaan Comammox pada Sedimen Lingkungan Alami dan Buatan di Sumatra Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (BAB I - Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (BAB V - Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS1.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penemuan Complete Ammonia Oxidation (comammox) yang dapat mengoksidasi amonia menjadi nitrat telah mengubah konsep nitrifikasi. Penelitian tentang keberadaan mikrob Nitrospira comammox di berbagai sedimen lingkungan alami dan buatan, khususnya Sumatra Barat masih belum diketahui. Penelitian ini mengeksplorasi dan mengidentifikasi keberadaan Nitrospira comammox pada 30 lokasi sedimen lingkungan alami dan buatan. Selain itu, pengaruh Total Organic Carbon (TOC), pH, DO, dan suhu dianalisis terhadap keberadaan Nitrospira comammox. Identifikasi bakteri comammox dengan metode Next Generation Sequencing (NGS) menggunakan Illumina Miseq Sequencing. Kadar TOC dan pH yang terdapat di dalam sedimen diukur menggunakan spektrofotometer UV-Vis dan pH meter. Karakteristik air yang diukur meliputi pH, DO dan suhu. Nitrospira comammox terdeteksi di sedimen lingkungan alami yang terdiri dari Muaro Panjalinan (1,047 %), Muaro Lasak (0,384 %), Sungai Batang Arau (0,117 %), Sungai Kuranji (0,112 %) dan sedimen lingkungan buatan yang terdiri dari Sumur Gali 1 (0,067 %), Sumur Gali 2 (1,178 %), Sumur di daerah Lubuk Minturun (0,125 %) dan Sawah di Limau Manis (0,456 %). Nitrospira comammox lebih banyak ditemukan di sedimen lingkungan buatan. Lokasi yang terdeteksi comammox memiliki kadar TOC (0,945 % - 6,967 %) nilai pH (5,5 - 7,8), DO (3 mg/L - 4,2 mg/L), dan suhu (25oC – 29oC). Hasil statistik menunjukkan bahwa pH, DO, dan suhu merupakan faktor lingkungan yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keberadaan comammox (p < 0,05). Namun, TOC tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keberadaan comammox (p > 0,05).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Zulkarnaini
Uncontrolled Keywords: comammox, DO, Nitrospira, pH, sedimen, suhu, TOC
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:48
Last Modified: 20 Nov 2023 07:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458340

Actions (login required)

View Item View Item