Pengaruh Alih Fungsi Lahan Sawah Menjadi Kebun Kelapa Sawit terhadap Keanekaragaman Makrofauna Tanah di Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya

Sisilia, Rosana (2023) Pengaruh Alih Fungsi Lahan Sawah Menjadi Kebun Kelapa Sawit terhadap Keanekaragaman Makrofauna Tanah di Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB akhir (Penutup Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
Skripsi_Sisilia Rosana.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Alih fungsi lahan sawah menjadi lahan kelapa sawit dengan status kesuburan tanah yang rendah diduga menyebabkan degredasi lahan dan terganggunya pertumbuhan tanaman kelapa sawit. Makrofauna tanah merupakan salah satu tolak ukur yang cukup sensitif pada perubahan lingkungan, sehingga makrofauna tanah sangat cocok untuk menduga kualitas lahan atau sebagai bioindikator kesuburan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keanekaragaman makrofauna tanah pada kebun kelapa sawit yang merupakan alih fungsi dari lahan sawah serta mengetahui jenis makrofauna tanah yang mendominasi di kebun kelapa sawit setelah alih fungsi dari lahan sawah. Penelitian ini dilakukan pada lahan sawah dan lahan yang merupakan alih fungsi sawah menjadi kelapa sawit dengan umur tegakan yang sama yaitu 7 tahun. Pengamatan makrofauna tanah dilakukan dengan metode hand sorting menggunakan monolith berukuran 30 x 30 cm kedalaman 20 cm. Hasil penelitian ini nilai indeks keanekaragaman pada lahan alih fungsi sawah menjadi kelapa sawit termasuk dalam kategori sedang dan indeks kemerataan jenis yang stabil tetapi memiliki nilai kekayaan jenis yang rendah. Ordo yang mendominasi pada lahan alih fungsi sawah menjadi kelapa sawit adalah Hymenoptera sedangkan ordo yang mendominasi pada lahan sawah adalah Opisthopora. Terdapat korelasi yang positif terhadap alih fungsi lahan sawah menjadi kebun kelapa sawit dengan keanekaragaman makrofauna (r=0,383). Berdasarkan hasil yang didapatkan maka dapat disimpulkan bahwa alih fungsi lahan sawah menjadi kebun kelapa sawit akan meningkatkan keanekaragaman makrofauna tanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. rer.nat. Ir. Syafrimen Yasin, MS., MSc
Uncontrolled Keywords: Kesuburan, Korelasi, Lingkungan, Monolith, Serangga
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:03
Last Modified: 20 Nov 2023 07:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458336

Actions (login required)

View Item View Item