ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN ACUTE DECOMPENSATED HEART FAILURE (ADHF) DENGAN PENERAPAN PENGATURAN POSISI SEMIFOWLER DAN TERAPI MUROTAL AR-RAHMAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TIDUR PASIEN DI RUANGAN CARDIOVASCULAR CARE UNIT (CVCU) RSUP DR.M. DJAMIL PADANG

Putri, Putri Suhaini (2023) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN ACUTE DECOMPENSATED HEART FAILURE (ADHF) DENGAN PENERAPAN PENGATURAN POSISI SEMIFOWLER DAN TERAPI MUROTAL AR-RAHMAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TIDUR PASIEN DI RUANGAN CARDIOVASCULAR CARE UNIT (CVCU) RSUP DR.M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (BAB V (Penutup))
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (448kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Acute Decompensated Heart Failure ADHF merupakan bagian dari penyakit jantung yang sering ditandai dengan diyspnea, ortopnea dan PND. Gejala ini dapat mempengaruhi kulitas tidur pasien. kualitas tidur yang buruk akan menyebabkan kerja jantung semakin berat sehingga dapat memperparah penyakit. Penulisan karya ilmiah ini bertujuan mamaparkan asuhan keperawatan pada pasien ADHF dengan pengaturan posisi semifowler dan terapi murotal ar-rahman dalam meningkatkan kualitas tidur. Metode penulisan menggunakan studi kasus, dimulai dengan pengkajian, menegakkan diagnosa, membuat intervensi, implementasi dan evaluasi. Diagnosis yang ditemukan adalah penurunan curah jantung berhubungan dengan perubahan irama jantung, preload, afterload dan kontraktilitas, gangguan pola tidur berhubungan dengan hambatan lingkungan dan konstipasi berhubungan dengan ketidakcukupan asupan serat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaturan posisi semifowler dan terapi murotal ar-rahman memiliki pengaruh positif kepada pasien, hal ini terbukti dengan penurunan skor kualitas tidur menggunakan PSQI (Pittsburgh Sleep Quality Index) dari saat pre test terapi didapatkan skor 16 yang menunjukkan kualitas tidur pasien buruk dan setelah dilakukan pengaturan posisi semifowler dan terapi murotal ar-rahman didaptkan skor post testnya 5 yang menunjukkan kualitas tidur pasien baik. pengaturan posisi semifowler dan terapi murotal ar-rahman dapat dijadikan sebagai intervensi keperawatan mandiri dalam meningkatkan kualitas tidur pada pasien ADHF di ruang CVCU.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Fitri Mailani, S.Kep, M.Kep
Uncontrolled Keywords: ADHF, Semifowler, Terapi murotal, Kualitas Tidur
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 20 Nov 2023 06:46
Last Modified: 20 Nov 2023 06:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458295

Actions (login required)

View Item View Item