SINTESIS DAN KARAKTERISASI NANOPARTIKEL TiO2 YANG DIMEDIASI EKSTRAK KULIT DAN GETAH BUAH PISANG RAJA (Musa x paradisiaca L.)

ANGGA, SYAPUTRA (2023) SINTESIS DAN KARAKTERISASI NANOPARTIKEL TiO2 YANG DIMEDIASI EKSTRAK KULIT DAN GETAH BUAH PISANG RAJA (Musa x paradisiaca L.). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover+Abstrak_Skripsi_Angga Syaputra_1910411015.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text (BAB I. PENDAHULUAN)
BAB I_Skripsi_Angga Syaputra_1910411015.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (BAB V. PENUTUP)
BAB V_Skripsi_Angga Syaputra_1910411015.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka_Skripsi_Angga Syaputra_1910411015.pdf - Published Version

Download (266kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi_Angga Syaputra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan nanoteknologi menghasilkan produk berskala nano dengan sifat yang lebih unggul dibandingkan bulk materialnya, sehingga aplikasi dari material tersebut dapat dimaksimalkan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan sintesis nanopartikel TiO2 dengan memanfaatkan bahan alam, yaitu Musa x paradisiaca L., menentukan karakteristik nanopartikel TiO2 yang dihasilkan dan penambahan jumlah ekstrak kulit/getah optimum dalam sintesis. Selain itu, dilakukan penentuan pengaruh penambahan nanopartikel TiO2 hasil sintesis ke dalam sabun-Zn sebagai bahan aktif sunscreen dengan cara penentuan nilai Sun Protection Factor (SPF). Nanopartikel TiO2 disintesis dengan metode presipitasi dan dikarakterisasi dengan X-Ray Diffraction (XRD), Fourier Transform Infra-Red (FTIR), dan spektroskopi Raman. Hasil karakterisasi XRD dan Raman menunjukkan fase anatase untuk TiO2 hasil sintesis. Ukuran kristal rata-rata yang dihitung dari lebar puncak dengan persamaan Scherrer adalah 16 nm untuk T-0, 12-14 nm untuk variasi TE, dan 9-12 nm untuk variasi TG. Hasil analisis FTIR menunjukkan vibrasi Ti-O terkonfirmasi pada < 500 cm-1 (setelah kalsinasi) dan > 500 cm-1 (sebelum kalsinasi). Pita serapan pada bilangan gelombang yang lebih besar pada saat sebelum kalsinasi ini mengindikasikan keberadaan capping agents pada permukaan TiO2 yang terikat secara kimia (ikatan kovalen koordinasi). TiO2 hasil sintesis dikombinasikan dengan sabun-Zn dan diaplikasikan sebagai bahan aktif sunscreen. Nilai SPF sabun-Zn/TiO2 ditentukan secara spektrofotometri. Berdasarkan nilai SPF, penambahan sejumlah kecil TiO2 dapat meningkatkan SPF 2 hingga 4 kali lipat dari sabun-Zn saja. Adapun jumlah penambahan ekstrak kulit dan getah buah pisang yang optimum berdasarkan nilai SPF adalah 1 mL dan 2,5 mL dengan SPF masing-masingnya 5,5 dan 4,7.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DR. DIANA VANDA WELLIA
Uncontrolled Keywords: Musa x paradisiaca L., nanopartikel, sabun-Zn, SPF, TiO2.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:18
Last Modified: 20 Nov 2023 07:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458226

Actions (login required)

View Item View Item