ANALISIS DAYA SAING DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENGEMBANGAN USAHATANI PADI SALIBU DI NAGARI TABEK KECAMATAN PARIANGAN

Tiara, Ramadhani (2023) ANALISIS DAYA SAING DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENGEMBANGAN USAHATANI PADI SALIBU DI NAGARI TABEK KECAMATAN PARIANGAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (362kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TIARA R-1_diedit.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Padi dengan teknik budidaya salibu merupakan salah satu inovasi teknik budidaya yang bertujuan untuk memacu produktivitas atau peningkatan produksi padi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing usahatani padi salibu dan dampak kebijakan pemerintah terhadap usahatani padi salibu di Nagari Tabek Kecamatan Pariangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif menggunakan alat ukur Policy Analisis Matrix (PAM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa usahatani padi salibu di Nagari Tabek Kecamatan Pariangan memiliki daya saing berdasarkan perolehan keuntungan privat dan keuntungan sosial serta keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif. Keunggulan kompetitif dinyatakan dengan nilai PCR sebesar 0,54 < 1. Keunggulan komparatif dicerminkan dengan nilai DRC sebesar 0,55 < 1. Nilai PCR dan DRC yang lebih kecil dari satu menunjukkan usahatani padi salibu memiliki daya saing. Semakin nilai tersebut mendekati 0, maka usahatani padi salibu memiliki daya saing yang tinggi dan sangat menguntungkan untuk diusahakan. Dampak kebijakan pemerintah menunjukkan bahwa terdapat kebijakan pemerintah yang memproteksi harga jual gabah dan input tradabel berupa pupuk subsidi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Nominal Protection Coefficient Output usahatani padi salibu sebesar 1,07; Nominal Protection Coefficient Input sebesar 0,53; Effective Protection Coefficient sebesar 1,15; Profitability Coefficient sebesar 1,19; serta Subsidy Ratio to Produce sebesar 0,07. Usahatani padi salibu ini layak dilanjutkan dan dikembangkan dengan penggunaan input produksi yang lebih efisien sehingga dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan petani dan harga jual gabah yang diterima petani lebih stabil agar usahatani padi salibu tetap menguntungkan untuk dijalankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Faidil Tanjung, M.Si
Uncontrolled Keywords: Daya Saing, Policy Analysis Matrix, Usahatani Padi Salibu
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:42
Last Modified: 21 Nov 2023 03:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458159

Actions (login required)

View Item View Item