EFEKTIVITAS MINYAK ATSIRI LIMBAH KAYU MANIS (Cinnamomum burmanii, Blume) DALAM MENEKAN PERTUMBUHAN JAMUR Neoscytalidium dimidiatum Penz. PENYEBAB KANKER BATANG TANAMAN BUAH NAGA (Hylocereus polyrhizus Lem.) SECARA IN-VITRO

Elvira, Diana (2023) EFEKTIVITAS MINYAK ATSIRI LIMBAH KAYU MANIS (Cinnamomum burmanii, Blume) DALAM MENEKAN PERTUMBUHAN JAMUR Neoscytalidium dimidiatum Penz. PENYEBAB KANKER BATANG TANAMAN BUAH NAGA (Hylocereus polyrhizus Lem.) SECARA IN-VITRO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (16kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL ANA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Neoscytalidium dimidiatum merupakan salah satu patogen penting pada tanaman buah naga yang menyebabkan penyakit kanker batang. Minyak atsiri limbah kayu manis merupakan salah satu pestisida nabati yang mengandung senyawa sinamaldehid dan eugenol yang diketahui mampu menekan pertumbuhan jamur sehingga dapat digunakan sebagai fungisida. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi minyak atsiri limbah kayu manis (Cinnamomum burmanii) yang paling efektif dalam menekan pertumbuhan jamur N. dimidiatum penyebab kanker batang pada tanaman buah naga secara in vitro. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 7 perlakuan dan 4 ulangan yang terdiri dari kontrol (PDA+bahan induk), konsentrasi minyak atsiri limbah kayu manis 0,050%; 0,060%; 0,071%; 0,084%; 0,100%; dan fungisida berbahan aktif propineb 70%. Parameter yang diamati adalah luas koloni, pertumbuhan koloni, jumlah konidia, daya kecambah konidia, berat basah dan berat kering jamur N. dimidiatum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi minyak atsiri limbah kayu manis yang paling efektif dalam menekan pertumbuhan jamur N. dimidiatum adalah 0,071% dengan tingkat efektivitas terhadap luas koloni, jumlah konidia, daya kecambah konidia, berat basah dan berat kering jamur 100%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Martinius, M.S
Uncontrolled Keywords: buah naga, kanker batang, limbah kayu manis, minyak atsiri, Neoscytalidium dimidiatum
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 23 Nov 2023 04:21
Last Modified: 23 Nov 2023 04:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458158

Actions (login required)

View Item View Item