AKUNTANSI PIUTANG USAHA PADA PT PELABUHAN INDONESIA II (PERSERO) CABANG TELUK BAYUR KOTA PADANG

SYLVIA, PUTRI RAHMADHANNY (2018) AKUNTANSI PIUTANG USAHA PADA PT PELABUHAN INDONESIA II (PERSERO) CABANG TELUK BAYUR KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB V.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
ta fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu tujuan utama perusahaan besar maupun perusahaan kecil adalah untuk menghasilkan laba semaksinal mungkin.Sasaran tersebut dapat tercapai melalui usaha dan kegiatan tertentu yang dapat menciptakan pendapatan dan efesiensi dalam pengelolaan perusahaan tersebut.Sumber utama pendapatan perusahaan besar maupun perusahaan kecil adalah hasil dari penjualan barang dan jasa, sehingga penjualan barang dan jasa merupakan salah satu ukuran untuk menetukan sukses tidaknya suatu perusahaan. Penjualan pada suatu perusahaan dapat dikatakan aktif apabila perusahaan tersebut menjalankan kegiatan usaha saat transaksi terjadi.Untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu menghasilkan keuntungan yang semaksimal mungkin dan menjaga ketahanan hidup perusahaan tersebut. Kegiatan penjualan terdiri dari transaksi penjualan barang dan jasa, baik secara tunai maupun kredit. Dalam transaksi penjualan tunai, barang atau jasa baru diserahkan oleh pembeli bila perusahaan telah menerima kas dari pembeli, sedangkan dalam transaksi penjualan kredit, jika order dari pelanggan telah dipenuhi dengan pengiriman barang atau jasa, untuk jangka waktu tertentu perusahaan memiliki piutang kepada pelanggannya. Penjualan merupakan aktivitas yang sangat penting di perusahaan.Tetapi dalam kenyataannya penjualan secara kredit lebih banyak diminati oleh masyarakat luas dibandingkan dengan penjualan tunai.Ini dikarenakan penjualan kredit dapat meringankan konsumen untuk memiliki barang yang diinginkan atau menikmati jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tanpa harus mempunyai sejumlah uang yang banyak tetapi hanya dengan memberikan uang muka sehingga penjualan kredit dapat menarik lebih banyak konsumen. Pada perusahaan dagang atau jas, kegiatan penjualan merupakan salaha satu faktor penting penentu keberhasilan suatu perusahaan. Kegiatan penjualan dapat dilakukan secara tunai maupun secara kredit. Hampir sebagian perusahaan melakukan penjualan secara kredit. Hal ini juga bertujuan untuk mempertahankan pelanggan – pelanggan yang sudah ada dan untuk menarik pelanggan baru dengan inovasi kebijakan tersebut. Dengan adanya penjualan kredit ini, secara langsung akan memunculkan akun piutang usaha atau piutang dagang. Piutang merupakan salah satu pos penting dari neraca suatu perusahaan, karena pendapatan dari penagihan piutang akan menjadi pemasukan kas yang dapat digunakan sebagai salah satu sumber dana dalam biaya operasional perusahaan. Alasan utama perusahaan memberikan fasilitas piutang yaitu adanya tuntutan persaingan dunia bisnis dalam menarik konsumen untuk memperbesar volume penjualan, serta mempertahankan kelangsungan hidup usahanya.Penjualan secara kredit juga dapat meningkatkan omset penjualan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. JONHAR, Ms,Ak
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Akuntansi
Depositing User: d3 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 24 May 2019 13:54
Last Modified: 24 May 2019 13:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45780

Actions (login required)

View Item View Item