PELAKSANAAN PENYIDIKAN PELAKU TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL DALAM LINGKUP KELUARGA (Studi di Wilayah Hukum Polresta Padang)

Mutiata, Oktavia (2023) PELAKSANAAN PENYIDIKAN PELAKU TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL DALAM LINGKUP KELUARGA (Studi di Wilayah Hukum Polresta Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (375kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (393kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pada saat ini semakin banyak pola tingkah laku manusia yang tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat, sehingga banyak terjadi pelanggaran-pelanggaran tindak pidana contohnya kekerasan seksual kepada anak di bawah umur yang dilakukan oleh keluarga terdekat. Berdasarkan latar belakang masalah, dirumuskan yang menjadi permasalahan adalah 1) bagaimana pelaksanaan penyidikan terhadap pelaku tindak pidana kekerasan seksual di lingkup keluarga di Polresta Padang 2) apa kendala yang ditemui penyidik dalam proses penyidikan terhadap pelaku kekerasan seksual dalam lingkup keluarga 3) bagaimana upaya menyidik dalam mengatasi kendala penyidikan terhadap pelaku kekerasan seksual di lingkup keluarga. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses penyidikan terhadap pelaku tindak pidana kekerasan seksual di lingkup keluarga dilakukan secara bertahap yaitu menerima laporan, melakukan penyelidikan, melakukan penangkapan, melakukan pemanggilan saksi, melakukan penahanan, melakukan penyitaan, melakukan pemeriksaan tersangka dan saksi, dan melakukan permintaan Visum Et Repertum. Kendala yang dihadapi selama proses penyidikan adalah susahnya untuk mendapatkan keterangan, tidak ada saksi yang melihat secara langsung, dan pelaku melarikan diri. Kemudian upaya yang dilakukan penyidik untuk mengatasi kendala tersebut adalah meminta bantuan kepada tenaga sosial dari Dinas Sosial untuk mendampingi korban selama proses penyidikan. Kata Kunci : Penyidikan, Tindak Pidana Kekerasan Seksual, Unit PPA Polresta Padang

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nelwitis, S.H.,M.H Riki Afrizal, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 16 Nov 2023 01:29
Last Modified: 16 Nov 2023 01:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457738

Actions (login required)

View Item View Item