Pengaruh pemberian kompos ampas teh terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit (Elaeis guineensis jacq.) Pada fase main nursery

Iswanto, Iswanto (2023) Pengaruh pemberian kompos ampas teh terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit (Elaeis guineensis jacq.) Pada fase main nursery. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text (Bab 1 pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (Bab 5 penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi full text...pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)

Abstract

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh petani pada pembibitan yaitu pertumbuhan bibit yang tidak normal seperti pertumbuhan tanaman kerdil, daun yang berwarna coklat, berlubang, dan keriting yang disebabkan kurangnya unsur hara. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui pengaruh pemberian kompos ampas teh terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di fase main nursery dan mengetahui dosis terbaik yang digunakan. Metode yang digunakan adalah percobaan dengan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 5 perlakuan dan di ulang sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 15 satuan percobaan. Data yang diperoleh dianalisis ragam (uji F) dan apabila berbeda nyata, dilanjutkan dengan uji lanjut duncan’s new multiple range test (DNMRT) pada taraf 5%. Penelitian ini telah dilaksanakan di Rumah Kawat dan Laboratorium Universitas Andalas Kampus III Dharmasraya, pada bulan Desember 2022 sampai bulan Mei 2023. Hasil yang diperoleh menunjukkan kompos ampas teh memberikan pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan tinggi tanaman, diameter batang, bobot basah akar, dan bobot kering akar dengan dosis terbaik 1.500 g/polybag.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yusniwati, SP.MP
Uncontrolled Keywords: Kompos ampas teh, bibit kelapa sawit, main nursery
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 20 Nov 2023 09:03
Last Modified: 20 Nov 2023 09:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457720

Actions (login required)

View Item View Item