Pengaruh digital skill, transformational leadership dan readiness for change sebagai variabel mediasi terhadap innovative work behaviour pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten dharmasraya PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN DHARMASRAYA

Haspemi, Yenof Patrione (2023) Pengaruh digital skill, transformational leadership dan readiness for change sebagai variabel mediasi terhadap innovative work behaviour pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten dharmasraya PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN DHARMASRAYA. Masters thesis, Universitas andalas.

[img] Text (Cover)
Cover & Abstract.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text
Full Text Tesis Yenof.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penurunan dalam Indeks Inovasi Global (Global Innovation Index/GII) Indonesia menyoroti pentingnya mendorong Innovative Work Behaviour. Sebagai tanggapan, pemerintah telah memulai Desain Besar Reformasi Birokrasi, yang menekankan pentingnya inovasi dalam mencapai tata kelola pemerintahan kelas dunia. Innovative Work Behaviour didefinisikan sebagai ide-ide kreatif dan kontribusi pegawai dalam memecahkan masalah terkait pekerjaan, yang berdampak pada peningkatan kinerja organisasi. Penelitian ini dimotivasi oleh kebutuhan akan inovasi di sektor publik, khususnya dalam transformasi digital layanan pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Digital Skill dan Transformational Leadership terhadap Innovative Work Behaviour, dimediasi oleh Readiness for Change , dalam konteks implementasi "Dukcapil Go Digital" di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian adalah seluruh pegawai Dinas Dukcapil Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini menggunakan data primer yang di dapat dari jawaban responden berupa pengisian kuisioner melalui google formulir. Teknik analisis data dengan menggunakan metode SEM-PLS (Structural Equating Modelling – Partial Least Square). Hasil penelitian menemukan bahwa Digital Skill dan Transformational Leadership memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Innovative Work Behaviour pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dharmasraya. Digital Skill juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Readiness for Change, sementara Transformational Leadership tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Readiness for Change. Meskipun Readiness for Change memiliki dampak positif, namun tidak signifikan, terhadap Innovative Work Behaviour. Selain itu, Readiness for Change belum mampu berfungsi sebagai mediator antara Digital Skill dan Innovative Work Behaviour, serta antara Transformational Leadership dan Innovative Work Behaviour. Kata kunci: Digital Skill, Transformational Leadership, Readiness for Change, Innovative Work Behaviour, Dukcapil Go Digital.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Laura Syahrul, SE.,MBA Dr. Rahmi Fahmy, SE.,MBA
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: Unand Magister Manajemen
Date Deposited: 15 Nov 2023 07:29
Last Modified: 15 Nov 2023 07:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457620

Actions (login required)

View Item View Item