Dikie Maulid dalam Tradisi Maatuih Hari di Nagari Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman (Kajian Semiotika)

Raditya, Partama Yunanda (2023) Dikie Maulid dalam Tradisi Maatuih Hari di Nagari Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman (Kajian Semiotika). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi karena masyarakat banyak yang belum mengetahui fungsi dari setiap simbol-simbol yang ada dalam tradisi maatuih hari. Dalam penelitian ini, akan menjelaskan tradisi maatuih hari dengan doa maulid di Nagari Pakandangan, dan mendeskripsikan tata cara pelaksanaan tradisi maatuih hari. Metode yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dan menggabungkan dengan metode Etnografi. Metode Ednografi merupakan ragam pemaparan penelitian budaya untuk memahami cara orang-orang berinteraksi dan bekerja sama. Tahapan yang digunakan pada pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, menetapkan informan, wawancara, dan pencatatan data ke dalam buku data. Selanjutnya data yang didapatkan dijadikan sebagai bahan dalam penelitian ini. Dalam pemaknaan simbol-simbol di dalam tradisi maatuih hari dengan doa maulid digunakan teori semiotika Roland Barthes. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, banyak masyarakat yang beranggapan jika beberapa item dalam tradisi maatuih hari bertentangan dengan ajaran Agama Islam, sebagian lainnya beranggapan jika setiap tradisi akan sesuai dengan ajaran agama, asalkan dijalankan dengan baik dan benar. Dengan demikian, melalui penelitian ini diharapkan masyarakat lebih bijak dengan simbol-simbol yang terkandung dalam setiap makna yang terkandung dalam tradisi maatuih hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Satya Gayatri, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Maatuih hari, dikie maulid, Semiotika, makna
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Daerah
Depositing User: s1 sastra minang
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:42
Last Modified: 17 Nov 2023 07:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457603

Actions (login required)

View Item View Item