SINTESIS LAPISAN TAHAN AIR (HIDROFOBIK) PADA BETON MENGGUNAKAN MATERIAL BERBASIS ORGANOSILIKON/TiO2 DAN ORGANOSILIKON/KARBON

Rahma, Yanni (2023) SINTESIS LAPISAN TAHAN AIR (HIDROFOBIK) PADA BETON MENGGUNAKAN MATERIAL BERBASIS ORGANOSILIKON/TiO2 DAN ORGANOSILIKON/KARBON. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover+Abstrak.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Metode pelapisan permukaan menggunakan lapisan hidrofobik dapat melindungi permukaan beton yang berpori dari difusi air yang akan memicu kerusakan struktur, bagunan dan mengurangi masa pakai beton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi massa dari TiO2 hasil biosintesis dan karbon dari tempurung kelapa terhadap kemampuan hidrofobisitas permukaan beton serta membandingkan pengaruh keduanya dalam meningkatkan hidrofobisitas permukaan beton. Lapisan hidrofobik dikarakterisasi dengan Scanning Electron Microscope-Energy Dispersive X-Ray (SEM-EDX), X–Ray Diffraction (XRD), Fourier Transform Infrared (FTIR) dan uji sudut kontak dilakukan untuk mengevaluasi kinerja lapisan hidrofobik. Hasil karakterisasi SEM menunjukkan morfologi permukaan dari lapisan hidrofobik berbasis organosilikon dengan penambahan TiO2 0,20 g dan karbon 0,20 g yang terdistribusi secara merata, menutupi mikropori dan meningkatkan kekasaran dari permukaan beton. Hasil analisis EDS dari permukaan hidrofobik menunjukkan puncak unsur Ca menurun dan tidak terdeteksinya unsur-unsur seperti Al, Fe, K yang dapat membuktikan keberadaan dan keberhasilan organosilikon dari pelapisan pada permukaan beton. Hasil analisis FTIR menunjukkan munculnya beberapa pita serapan baru seperti pada 2963 cm-1 (C−H alifatik dari organosilikon) dan 477 cm-1 (Ti−O) pada permukaan beton dengan lapisan hidrofobik. Sudut kontak sampel B/Organosilikon/TiO2 menunjukkan perilaku hidrofobik hingga 122,4º dan sampel B/Organosilikon/C memiliki sudut kontak hingga 138,3º. Dengan demikian, karbon dari limbah tempurung kelapa dapat digunakan sebagai alternatif dalam aplikasi permukaan hidrofobik karena menunjukkan sifat hidrofobisitas yang lebih baik daripada TiO2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Diana Vanda Wellia
Uncontrolled Keywords: Hidrofobisitas, beton, organosilikon, TiO2 dan karbon
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:28
Last Modified: 15 Nov 2023 04:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457478

Actions (login required)

View Item View Item