EKSPLORASI, KARAKTERISASI, EVALUASI GENOTIPE PADI LOKAL KUANTAN SINGINGI SERTA RESPONNYA TERHADAP CEKAMAN BIOTIK DAN ABIOTIK

Chairil, Ezward (2023) EKSPLORASI, KARAKTERISASI, EVALUASI GENOTIPE PADI LOKAL KUANTAN SINGINGI SERTA RESPONNYA TERHADAP CEKAMAN BIOTIK DAN ABIOTIK. Doctoral thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (Bab I ( Pendahuluan))
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (Bab Akhir ( Kesimpulan dan Saran))
Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (550kB)
[img] Text (Disertasi Full)
Disertasi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

EKSPLORASI, KARAKTERISASI, EVALUASI GENOTIPE PADI LOKAL KUANTAN SINGINGI SERTA RESPONNYA TERHADAP CEKAMAN BIOTIK DAN ABIOTIK Chairil Ezward, Irfan Suliansyah, Nalwida Rozen dan Indra Dwipa Program Studi S3 - Ilmu Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas Jl. Limau Manis, Pauh, Padang, Sumatera Barat. 25163 ABSTRAK Sumber plasma nutfah akan meningkat nilainya jika memiliki informasi data yang lengkap. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui informasi dari genotipe padi lokal Kuantan Singingi melalui tahapan kegiatan eksplorasi, karakterisasi, evaluasi serta responnya terhadap Cekaman Biotik dan Abiotik. Hasil kegiatan eksplorasi diperoleh 26 genotipe padi, yang terdiri atas 19 genotipe padi beras dan 7 genotipe padi ketan. Pada saat karakterisasi dan evaluasi 2 genotipe tidak tumbuh, sehingga pada penelitian selanjutnya hanya terdapat 24 genotipe. Hasil Karakterisasi kualitatif pada 24 genotipe padi asal Kabupaten Kuantan Singingi menunjukan adanya tingkat keragaman pada genotipe Pulut Hitam, Beras Singgaro Merah, Beras Limbayang dan Pulut Kari. Sedangkan hasil karakterisasi kuantitatif menunjukan adanya tingkat keragaman genetik yang cukup tinggi pada genotipe Beras Saronda Merah, Pulut Hitam, Pulut Benai dan Beras Kuning. Hasil pengamatan karakterisasi morfologi pada tingkat kemiripan 49% diperoleh 10 kluster. Sedangkan berdasarkan karakterisasi molekuler pada tingkat kemiripan 75% diperoleh 2 kluster. Diperoleh 3 genotipe padi lokal yang sangat resisten penyakit blas daun dan 3 genotipe yang resisten penyakit blas malai. Diperoleh 2 genotipe yang agak resisten terhadap penyakit Hawar Daun Bakteri. Diperoleh 12 genotipe yang resisten hama Wereng Batang Cokelat. Diperoleh 8 genotipe yang toleran terhadap cekaman besi. Diperoleh 2 genotipe yang toleran terhadap cekaman Aluminium. Diperoleh 4 genotipe yang toleran terhadap cekaman kekeringan. Menemukan 2 genotipe (genotipe beras samo putiah dan genotipe beras limbayang ) yang respon dengan teknologi sistem tanam (SRI dan Jarwo 2:1) dapat digunakan sebagai bahan dasar genetik untuk dikembangkan menjadi varietas unggul lokal maupun varietas unggul baru. Genotipe beras kuning umur panjang dan genotipe beras singgam putih dapat direkomendasikan untuk menjadi genotipe unggul lokal, karena memiliki ketahanan terhadap penyakit blas dan wereng batang cokelat.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Irfan Suliansyah. MS
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Cekaman, Genotipe, Padi Lokal, Respon.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (S3)
Depositing User: S3 Ilmu-Ilmu Pertanian
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:45
Last Modified: 14 Nov 2023 07:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457467

Actions (login required)

View Item View Item