EFEK MODERASI KESADARAN DAN USIA WAJIB PAJAK PADA PENGARUH MOTIVASI DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA MASA PADEMI COVID-19 (Studi Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama di Pangkal Pinang)

Frisca, Yuarisanti (0008) EFEK MODERASI KESADARAN DAN USIA WAJIB PAJAK PADA PENGARUH MOTIVASI DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA MASA PADEMI COVID-19 (Studi Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama di Pangkal Pinang). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (310kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (361kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (598kB)
[img] Text (Thesis Magister Akuntansi Frisca Yuarisanti (1920532027))
Thesis Magister Akuntansi Frisca Yuarisanti (1920532027).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efek moderasi kesadaran dan usia wajib pajak pada pengaruh motivasi dan pengetahuan tentang kepatuhan wajib pajak. Sampel penelitian ini yaitu Wajib Pajak Orang Pribadi yang memiliki usaha di Pangkalpinang. Teknik analisis data menggunakan model SEM (Structural Equation Modeling) dengan bantuan program komputer Warp Partial Least Square (PLS) versi 6.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi wajib pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak dan pengetahuan wajib pajak tidak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak. Variabel kesadaran wajib pajak sebagai variabel moderasi yang memperlemah pengaruh motivasi kepatuhan wajib pajak dan kesadaran wajib pajak sebagai variabel moderasi juga memperlemah pengaruh pengetahuan wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan variabel usia memperlemah pengaruh motivasi kepatuhan wajib pajak dan variabel usia. juga melemahkan pengaruh pengetahuan wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Moderasi usia kelompok tua lebih besar dibandingkan moderasi usia kelompok muda dalam memoderasi pengaruh motivasi wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dan moderasi usia kelompok tua lebih besar daripada moderasi kelompok muda dalam memoderasi pengaruh pengetahuan wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Kata kunci : Kesadaran, Usia, Motivasi, Pengetahuan Wajib Pajak

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: 1. Dr. Aries Tanno, SE, M.Si, Ak, CA 2. Dr. Anne Putri, SE, M.Sc, Ak, CA
Uncontrolled Keywords: Kesadaran, Usia, Motivasi, Pengetahuan Wajib Pajak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
J Political Science > JC Political theory
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 15 Nov 2023 06:46
Last Modified: 15 Nov 2023 06:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457460

Actions (login required)

View Item View Item