Kajian Pemberian Biochar Tongkol Jagung pada Tanah Gambut terhadap Ketersediaan Ca, Mg, S di Rizosfer Tanaman Jagung (Zea Mays)

Firdhalistia, Putri (2023) Kajian Pemberian Biochar Tongkol Jagung pada Tanah Gambut terhadap Ketersediaan Ca, Mg, S di Rizosfer Tanaman Jagung (Zea Mays). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (420kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (416kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan tanah gambut dihadapkan pada masalah seperti rendahnya unsur hara makro karena ketersediaannya rendah. Ca, Mg, dan S memegang peranan penting dalam pertumbuhan tanaman. Untuk memperbaiki sifat kimia tanah gambut adalah dengan pemberian amelioran. Jenis amelioran yang digunakan dalam pembenahan tanah adalah biochar yang terbuat dari tongkol jagung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji ketersediaan unsur hara makro (Ca, Mg, S) di rizosfer tanaman jagung pada dua tingkat kematangan gambut akibat pemberian biochar tongkol jagung. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan perlakuan tingkat kematangan gambut dan dosis biochar 10 ton/ha. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, aplikasi 10 ton/ha biochar tongkol jagung pada tanah gambut di rizosfer tanaman jagung menurunkan ketersediaan Ca gambut saprik dan hemik sebesar 0,043 me/100g dan 1,371 me/100g, Mg gambut saprik dan hemik sebesar 0,051 me/100g dan 0,18 me/100g, dan S-Total gambut saprik dan hemik sebesar 0,069% dan 0,076% di rizosfer tanaman jagung. Untuk memperbaiki sifat kimia pada tanah gambut disarankan melalukan variasi dosis pemberian biochar tongkol jagung agar mendapatkan dosis yang tepat untuk perbaikan sifat kimia tanah gambut khusunya terhadap ketersediaan Ca, Mg, dan, S.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Junaidi, MP
Uncontrolled Keywords: Biochar tongkol jagung, Gambut, Rizosfer, Tanaman jagung.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 14 Nov 2023 06:56
Last Modified: 14 Nov 2023 06:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457403

Actions (login required)

View Item View Item