PENGARUH LAMA FERMENTASI BUAH MANGROVE (Sonneratia alba) DENGAN KAPANG Aspergillus niger TERHADAP TOTAL PROTOZOA, PRODUKSI GAS TOTAL DAN GAS METAN SECARA IN VITRO

Fezi, Zelinia (2023) PENGARUH LAMA FERMENTASI BUAH MANGROVE (Sonneratia alba) DENGAN KAPANG Aspergillus niger TERHADAP TOTAL PROTOZOA, PRODUKSI GAS TOTAL DAN GAS METAN SECARA IN VITRO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama fermentasi berbeda pada buah mangrove terhadap total protozoa, produksi gas total dan gas metan secara in Vitro. Percobaan dilakukan dengan metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu fermentasi buah mangrove dengan kapang Aspergillus niger dengan lama fermentasi P1 (7 hari), P2 (10 hari), P3 (13 hari) dan P4 (16 hari) dengan kapang dosis 6% terhadap masing-masing perlakuan. Peubah yang diukur adalah total protozoa, produksi gas total dan gas metan. Data hasil penelitian diolah dengan analisis ragam dan perbedaan rataan masing-masing perlakuan diuji lanjut dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil analisis menunjukkan bahwa perlakuan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap total protozoa dalam rumen. Rataan total protozoa berkisar 0,00 - 4,07 x 10⁵ sel/ml. Peningkatan total protozoa diikuti dengan peningkatan produksi gas total dan gas metan namun memberikan pengaruh tidak nyata (P>0,05). Rataan produksi gas total setelah 48 jam inkubasi berkisar 36,97 - 48,62 ml/gram sampel dan gas metan 26,0 - 33,96 ml/gram sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buah mangrove (Sonneratia alba) yang difermentasi selama 16 hari menghasilkan total protozoa, produksi gas total dan gas metan tertinggi dengan total protozoa (4,07 x 10⁵ sel/ml), produksi gas total (48,62 ml/gram sampel) dan produksi gas metan (33,96 ml/gram sampel).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Elihasridas, M.Si
Uncontrolled Keywords: Gas Metan, Gas Total, in Vitro, Protozoa, Sonneratia alba, Tanin
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 14 Nov 2023 05:17
Last Modified: 14 Nov 2023 05:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457382

Actions (login required)

View Item View Item