PENGARUH DOSIS PUPUK KANDANG SAPI DAN JARAK TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KUNYIT (Curcuma domestica Val.) PANEN MUDA

nurullita, aisyah guswanti (2023) PENGARUH DOSIS PUPUK KANDANG SAPI DAN JARAK TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KUNYIT (Curcuma domestica Val.) PANEN MUDA. Diploma thesis, universitas andalas.

[img] Text
Cover dan Abstrak_.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text
BAB 1_.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V..pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT_NURULLITA AISYAH G..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457194

Abstract

Kunyit (Curcuma domestica Val.) merupakan tanaman rempah dan obat yang berasal dari Asia Tenggara. Kunyit banyak digunakan di Indonesia sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu, serta untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Tanaman Kunyit memiliki kandungan kurkumin, gula, protein dan resin yang bermanfaat bagi kesehatan. Pupuk kandang sapi merupakan salah satu pupuk organik yang memiliki kandungan hara dan bahan organik yang tinggi sehingga dapat berpengaruh pada pertumbuhan dan hasil tanaman. Kerapatan tanaman atau jarak tanam dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kunyit. Percobaan ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara pupuk kandang sapi dan jarak tanam terbaik, mendapatkan dosis pupuk kandang dan jarak tanam terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kunyit. Percobaan ini dilaksanakan di Kebun Percobaan, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang dari bulan Maret sampai Juli 2023. Percobaan ini menggunakan Rancangan Faktorial dengan dua faktor yaitu faktor pertama pupuk kandang sapi yang terdiri dari 3 taraf yaitu 10, 20, 30 ton/ha (P3), dan faktor kedua jarak tanam yang terdiri dari 3 taraf perlakuan 50 cm x 40 cm, 50 cm x 50 cm, 50 cm x 60 cm, yang disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK). Data hasil pengamatan dianalisis dengan uji F taraf 5% dan apabila F hitung lebih besar dari pada F tabel, maka dilanjutkan dengan uji DNMRT taraf 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat interaksi antara pupuk kandang sapi dan jarak tanam pada pertumbuhan dan hasil tanaman kunyit. Dosis pupuk kandang sapi terbaik untuk pertumbuhan dan hasil tanaman kunyit adalah 30 ton/ha dengan jarak tanam terbaik adalah 50 cm x 60 cm. Kata Kunci: Kunyit, Pupuk Kandang Sapi, Jarak Tanam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Ardi, M.Sc. Ir. Muhsanati, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 14 Nov 2023 02:39
Last Modified: 14 Nov 2023 02:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457194

Actions (login required)

View Item View Item