ANALISA RANTAI PASOK (SUPPLY CHAIN) USAHA PEMOTONGAN AYAM BROILER DI KOTA PADANG (Studi Kasus Pada Usaha Pemotongan Ayam X Di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang)

MUHAMMAD, Akbar Almagribi (2023) ANALISA RANTAI PASOK (SUPPLY CHAIN) USAHA PEMOTONGAN AYAM BROILER DI KOTA PADANG (Studi Kasus Pada Usaha Pemotongan Ayam X Di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran rantai pasok pada usaha pemotongan ayam X dan (2) konsekuensi rantai pasok yang ada terhadap Kinerja usaha pemotongan ayam X. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan studi kasus. Data yang diperoleh menggunakan analisis deskriptif Kualitatif dengan melakukan wawancara responden agar dapat digambarkan aliran produk, aliran keuangan dan aliran informasi pada rantai pasok usaha ini ke dalam sebuah skema. Untuk mengetahui kinerja rantai pasok, analisis data yang digunakan yaitu Key Performance Indikator (KPI). Dapat disimpulkan bahwa aliran rantai pasok yang terjadi terdiri dari 3 aliran aktivitas yaitu aliran produk, aliran informasi, dan aliran uang yang dilakukan oleh seluruh pelaku rantai pasok ialah terdiri dari perusahaan pemasok (PT.KSM dan PT.Ciomas) - Usaha Potong – Pedagang Pengecer/Rumah Makan – Konsumen Akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat persediaan berada diangka 99% dan indikator perputaran persediaan menunjukkan angka sebesar 0,36 kali. Konsekuensi yang terjadi selama aktivitas rantai pasok ini berlangsung yaitu disebabkan oleh adanya aktivitas aliran produk yang menyebabkan tingginya biaya produksi serta aliran keuangan belum lancar yang disebabkan oleh adanya hutang konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Ir. Asdi Agustar, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Rantai Pasok, Usaha Pemotongan Ayam, Tingkat Persediaan,Perputaran Persediaan,Konsekuensi Rantai Pasok
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 13 Nov 2023 07:56
Last Modified: 13 Nov 2023 07:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457141

Actions (login required)

View Item View Item