ANALISIS KINERJA PENYULUH PERTANIAN PEMERINTAH PADA USAHA SAPI POTONG DI KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Muhammad, Eka Putra (2023) ANALISIS KINERJA PENYULUH PERTANIAN PEMERINTAH PADA USAHA SAPI POTONG DI KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada penyuluh pertanian di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Tujuan dari Penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui profil penyuluh pada usaha peternakan sapi potong di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman yang terdiri dari umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, masa kerja, jenis pelatihan 2) Untuk mengetahui kinerja penyuluh pertanian pemerintah pada peternak dalam usaha sapi potong di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Informan dari penelitian ini adalah seluruh Penyuluh Pertanian (PP) yang berjumlah empat orang PP di BPP Kecamatan Batang Anai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja penyuluh menurut penyuluh peternakan pada indikator Persiapan Penyuluhan Peternakan memiliki skor 93,75 dengan prestasi kerja sangat baik. Kinerja penyuluh indikator Pelaksanaan Penyuluhan Peternakan memiliki skor 67,50 dengan prestasi kerja cukup. Kinerja penyuluh indikator Evaluasi Penyuluhan Peternakan memiliki skor 85,00 dengan prestasi kerja baik. Secara keseluruhan Kinerja Penyuluh Peternakan pada peternak sapi potong di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman memiliki skor 76,25 dengan prestasi kerja baik dari sudut pandang penyuluh pertanian itu sendiri. Untuk kedepannya diperlukan kinerja penyuluh peternakan meliputi peningkatan metode penyuluhan, intensifikasi evaluasi, komunikasi yang lebih baik dengan petani, dan pemahaman tentang pembentukan BUMP. Tujuannya adalah meningkatkan efektivitas program penyuluhan peternakan di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Kata Kunci : Kinerja Penyuluh, Penyuluh Pertanian, Usaha Sapi Potong.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ediset, S.Pt., M.Si Ir. Amrizal Annas, MP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 13 Nov 2023 04:35
Last Modified: 13 Nov 2023 04:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456998

Actions (login required)

View Item View Item