Perbandingan Produksi Telur, Fertilitas, Daya Tetas dan Mortalitas Telur Itik Pitalah yang Dikawinkan Secara Alam dan Inseminasi Buatan (IB) Menggunakan Alat Aspirator Sederhana.

Dandi, Septia Nalvi (2023) Perbandingan Produksi Telur, Fertilitas, Daya Tetas dan Mortalitas Telur Itik Pitalah yang Dikawinkan Secara Alam dan Inseminasi Buatan (IB) Menggunakan Alat Aspirator Sederhana. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (Bab 5. Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PERBANDINGAN PRODUKSI TELUR, FERTILITAS, DAYA TETAS DAN MORTALITAS TELUR ITIK PITALAH YANG DIKAWINKAN SECARA ALAM DAN INSEMINASI BUATAN (IB) MENGGUNAKAN ALAT ASPIRATOR SEDERHANA Dandi Septia Nalvi, dibawah bimbingan Prof. Dr. Ir. Tertia Delia Nova, M.Si dan Linda Suhartati, S.Pt, M.Si Departemen Teknologi Produksi Ternak, Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus Payakumbuh, 2023 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan produksi telur, fertilitas, daya tetas, serta mortalitas telur itik Pitalah yang dikawinkan secara alam dan secara Inseminasi Buatan (IB) menggunakan alat aspirator sederhana. Materi yang digunakan dalam penelitan ini yaitu itik Pitalah sebanyak 120 ekor yang terdiri dari 100 ekor betina dan 20 ekor jantan. Variabel yang diamati dalam penelitian ini yaitu produksi telur, fertilitas, daya tetas dan mortalitas telur itik Pitalah. Penelitian ini terdiri dari 2 perlakuan dan 10 ulangan. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik menggunakan Uji-t (Independent Samples T-Test). Hasil analisis statistika menunjukkan bahwa produksi telur itik yang dikawinkan secara kawin alam sangat berbeda nyata dengan Inseminasi Buatan (IB) (THitung > TTabel), namun menunjukkan hasil yang tidak berbeda nyata (THitung < TTabel) pada fertilitas, daya tetas, dan mortalitas telur itik antara kawin alam dengan Inseminasi Buatan (IB). Rataan produksi telur itik yang dikawinkan secara alam sebesar 71,43% dan secara Inseminasi Buatan (IB) sebesar 61,43%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa produksi telur itik Pitalah memiliki hasil yang lebih tinggi jika dikawinkan dengan cara kawin alam daripada Inseminasi Buatan (IB). Kata Kunci : Daya Tetas, Fertilitas, Inseminasi Buatan (IB), Mortalitas, Produksi Telur

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 13 Nov 2023 03:00
Last Modified: 13 Nov 2023 03:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456923

Actions (login required)

View Item View Item