Persepsi Petani Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Nagari Sikabau Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya

Anisa, Fadillah (2023) Persepsi Petani Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Nagari Sikabau Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (422kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Upload Ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penyuluh pertanian merupakan mitra sejajar bagi petani yang mempunyai peran strategis dalam pembangunan pertanian. Dalam masa pandemi covid-19 penyuluh harus bisa memastikan bahwa kegiatan penyuluhan di lapangan tetap berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja penyuluh pertanian pada masa pandemi covid-19 di Nagari Sikabau Kabupaten Dharmasraya. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer bersumber dari responden yang berjumlah 42 orang petani dengan melakukan wawancara langsung dalam bentuk daftar pertanyaan (kuesioner). Analisis data yang di gunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala gutman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja penyuluh pertanian pada masa pandemi covid 19 di Nagari Sikabau Kabupaten Dharmasraya tergolong pada kriteria baik yang terdiri dari aspek persiapan dan pelaksanaan kegiatan penyuluhan. Penyuluh pertanian tetap melaksanakan tugas pokok dan fungsinya selama masa pandemi covid-19. Perubahan kegiatan penyuluh selama masa pandemi covid-19 yaitu tidak dapat melaksanakan penyuluhan masal, frekuensi kunjungan dibatasi, mengurangi materi penyuluhan dan mengubah metode pembinaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Mahdi, SP, M.Si, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Penyuluh Pertanian, Pandemi Covid-19
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:54
Last Modified: 14 Nov 2023 04:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456806

Actions (login required)

View Item View Item