Analisis Tingkat Kepuasan Pasien di Poliklinik Rawat Jalan Semen Padang Hospital

Sebrin, Fathia Rahman (2023) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien di Poliklinik Rawat Jalan Semen Padang Hospital. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text (Bab Penutup)
BAB Penutup.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Peningkatan perawatan pasien telah menjadi salah satu prioritas bagi semua penyedia layanan kesehatan dengan tujuan untuk mencapai tingkat kepuasan pasien yang optimal. Dalam hal ini penialian pasien menjadi salah satu alat dalam mengidentifikasi masalah layanan kesehatan yang perlu diselesaikan gunameningkatkan kepuasan pasien. Data kepuasan pasien yang ada di Semen Padang Hospital (SPH) menunjukkan tingkat kepuasan pasien di tahun 2022, masih belum memenuhi standar pelayanan minimal rawat jalan yakni 86%. Dari data awal juga didapatkan masih banyaknya keluhan terhadap pelayanan yang diberikan di poliklinik rawat jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien berdasarkan indikator kepuasan dan menganalisis atribut mana yang menjadi prioritas masalah kepuasan di poliklinik rawat jalan Semen Padang Hospital. Metode penelitian yang digunakan adalah eksplanatori sekuensial, yaitu metode campuran antara penelitian kuantitatif yang diikuti oleh penelitian kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari 167 responden poliklinik yang diwawancarai menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan diagram kartesius. Selanjutnya, penelitian kualitatif dilakukan dengan wawancara mendalam kepada 9 orang informan dilanjutkan dengan melakukan observasi, dan telaah dokumen terkait. Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat kepuasan pasien di poliklinik rawat jalan sebesar 72,5%. Berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan tingkat kepuasan pasien di poliklinik rawat jalan SPH belum memenuhi standar. Terdapat empat permasalahan utama yang menjadi prioritas utama untuk diatasi yaitu pada prosedur pendaftaran pelayanan, waktu kedatangan dokter yang belum sesuai, sikap dan komunikasi petugas yang tidak optimal, serta waktu tunggu obat yang belum sesuai standar. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien di poliklinik rawat jalan Semen Padang Hospital masih belum memenuhi standar pelayanan minimal yang telah ditetapkan sehingga dibutuhkan komitmen dari pihak rumah sakit untuk melakukan perbaikan pelayanan di poliklinik rawat jalan Semen Padang Hospital

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. Husna Yetti, PhD
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Kualitas pelayanan, Rawat Jalan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:31
Last Modified: 13 Nov 2023 02:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456716

Actions (login required)

View Item View Item