PENGARUH PERIODE WAKTU PEMBATASAN PAKAN DAN EFEKNYA PADA MASA PEMULIHAN TERHADAP BOBOT HIDUP, LAJU PERTUMBUHAN DAN INCOME OVER FEED COST ENTOK JANTAN PERIODE PERTUMBUHAN

Gea, Widiyanti (2023) PENGARUH PERIODE WAKTU PEMBATASAN PAKAN DAN EFEKNYA PADA MASA PEMULIHAN TERHADAP BOBOT HIDUP, LAJU PERTUMBUHAN DAN INCOME OVER FEED COST ENTOK JANTAN PERIODE PERTUMBUHAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (Bab I)
Daftar Pustaka.pdf

Download (331kB)
[img] Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (331kB)
[img] Text (Skripsi)
Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lamanya waktu pembatasan pakan dan efeknya pada masa pemulihan terhadap bobot hidup, laju pertumbuhan dan income over feed cost pada Entok jantan periode pertumbuhan. Penelitian ini menggunakan 80 ekor DOD Entok jantan yang dipelihara sampai umur 10 minggu. Kandang yang digunakan adalah kandang yang berbentuk box dengan ukuran (60x75x50 cm) sebanyak 20 unit, setiap kadang terdiri dari 4 ekor Entok. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 kelompok sebagai ulangan, perlakuannya di mulai umur 3 minggu. Perlakuan terdiri dari A (ad libitum), B (pembatasan 1 minggu), C (pembatasan 2 minggu), D (pembatasan 3 minggu) dan E (pembatasan 4 minggu) dilanjutkan dengan masa pemulihan sampai Entok berumur 10 minggu. Variabel yang diamati adalah bobot hidup, laju pertumbuahan dan income over feed cost. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembatasan pakan yang dilanjutkan dengan masa pemulihan berpengaruh sangat nyata (P<0,05) terhadap bobot hidup dan berpengaruh berbeda tidak nyata(P≥0,05) terhadap laju pertumbuhan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan D (pembatasan pakan 30% selama 3 minggu) dilanjutkan dengan pemulihan sampai usia 10 minggu menunjukan hasil yang paling baik dengan laju pertumbuhan 0,272, bobot hidup 1506,88 gram/ekor dengan Income Over Feed Cost yaitu Rp16.553/ekor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Sabrina, MP
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 13 Nov 2023 03:45
Last Modified: 13 Nov 2023 03:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456697

Actions (login required)

View Item View Item