Studi Perbaikan Ketidakseimbangan Beban pada Trafo Distribusi Penyulang ULP Solok Menggunakan Simulasi Unbalanced Load Flow

M. Fauzan, Furzani (2023) Studi Perbaikan Ketidakseimbangan Beban pada Trafo Distribusi Penyulang ULP Solok Menggunakan Simulasi Unbalanced Load Flow. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Abstrak1.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (Bab 5 penutup)
bab 5 br.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Skripsi full teks)
Tugas akhir full text 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permintaan daya listrik pada sistem distribusi ULP Solok terus bertambah seiring bertambahnya jumlah populasi penduduk Kota Solok. Hal ini disebabkan adanya perbedaan pemakaian daya listrik oleh konsumen dengan tipe sambungan satu fasa. Kondisi ini menimbulkan adanya aliran arus pada kawat netral yang mengakibatkan terjadinya rugi daya pada sistem distribusi baik pada kawat fasa maupun kawat netral. Menurut data UP3 Solok, salah satu langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah beban tak seimbang oleh pemakaian daya beban satu fasa adalah dengan cara memindahkan sambungan beban satu fasa yang besar pembebananya ke fasa yang kecil pembebanannya. Namun dalam jangka waktu pengukuran yang ditetapkan oleh PT.PLN, nyatanya tetap terjadi perbedaan arus yang cukup besar pada masing-masing kawat fasa. Maka dari itu, sebaiknya dilakukan perancangan dan pemantauan dengan cara dan waktu yang tepat agar kondisi pembebanan pada tiap fasa dalam kondisi seimbang. Metoda analisis yang digunakan untuk mengetahui besarnya arus yang mengalir pada kawat netral dan rugi daya yang timbul pada kondisi beban tidak seimbang adalah melakukan simulasi Unbalanced Load Flow dengan software ETAP 12.6. yang akan membandingkan kondisi sebelum dan setelah dilakukannya pemindahan beban. Hasil simulasi menunjukkan bahwa sebelum dilakukan pemindahan beban , terdapat 7 dari 11 feeder ULP Solok yang berada diluar batas toleransi ketidakseimbangan beban yakni melebihi 20% ketidakseimbangan beban . Hal ini menimbulkan arus netral berkisar 35%- 113% dari rata-rata arus nominal fasa dan rugi daya sebesar 53,1 kW dan 40,8 kVAR. Setelah dilakukan pemindahan sambungan beban didapatkan persentase ketidakseimbangan beban pada semua sampel beban kurang dari 15% sehingga arus netral menjadi 1-25% rata-rata arus nominal fasa dan rugi daya yang ditimbulkan menjadi 46 kW dan 36,2 kVAR.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: M. Nasir Sonni, M.T, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Ketidakseimbangan beban, arus netral, rugi daya, pemindahan beban
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA14 Algebraic geometry
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QC Physics
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 10 Nov 2023 04:40
Last Modified: 10 Nov 2023 04:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456694

Actions (login required)

View Item View Item