ANALISA PENYAMBUNGAN DISTRIBUTED GENERATION PADA SISTEM DISTRIBUSI LISTRIK UNIVERSITAS ANDALAS DENGAN MEMPERTIMBANGKAN RUGI-RUGI DAYA

M., Vionhardto R (2019) ANALISA PENYAMBUNGAN DISTRIBUTED GENERATION PADA SISTEM DISTRIBUSI LISTRIK UNIVERSITAS ANDALAS DENGAN MEMPERTIMBANGKAN RUGI-RUGI DAYA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img] Text (TA Full Text)
TA Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Universitas Andalas sedang membuat pembangkit baru energi terbarukan yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro dengan memanfaatkan air sungai Batang Kuranji dan perencanaan pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya dengan memanfaatkan penggunaan sinar matahari serta letak geografis Unand pada garis khatulistiwa. Pemasangan Distributed Generation (PLTMH dan PLTS) pada sistem jaringan distribusi listrik UNAND agar dapat memperbaiki kualitas tegangan dan mengurangi rugi – rugi daya saluran. PLTMH dan PLTS akan disambungkan pada bus yang dapat memberikan nilai tegangan dan rugi – rugi saluran yang paling baik. Untuk mencari lokasi penyambungan yang baik akan dilakukan simulasi aliran daya dengan menggunakan software ETAP. PLTMH sebesar 400 kW akan dipasang pada bus 20 kV dan PLTS sebesar 300 kW pada bus 0,4 kV. Pengujian dilakukan satu persatu pada bus 20 kV dan bus 0,4 kV. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa lokasi yang paling baik bagi penyambungan PLTMH adalah pada bus yang terdekat dengan lokasi PLTMH yaitu Bus Teknik 20 kV.Untuk PLTS, lokasi terbaik adalah pada bus Dokter 0,4 kV karena bus ini memiliki nilai rugi – rugi daya terbesar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Adrianti
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 24 May 2019 11:20
Last Modified: 24 May 2019 11:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45668

Actions (login required)

View Item View Item