PENGONTROLAN BEBAN EVAPORATOR BERBASIS MIKROKONTROLER PADA MESIN PENDINGIN KOMPRESI UAP

Leni, Permata Sari (2023) PENGONTROLAN BEBAN EVAPORATOR BERBASIS MIKROKONTROLER PADA MESIN PENDINGIN KOMPRESI UAP. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dan kemajuan industri yang terjadi pada era globalisasi memerlukan sejumlah peralatan kerja yang efektif dan efisien, salah satunya adalah teknologi mesin pendingin (refrigerasi). Saat ini mesin pendingin sudah digunakan dalam berbagai sektor penunjang kehidupan manusia. Namun di balik fungsinya dalam menunjang kebutuhan pendinginan, penggunaan mesin pendingin memiliki dampak dalam peningkatan konsumsi energi listrik. Oleh karena itu, diperlukan usaha untuk menghemat energi terhadap peralatan refrigerasi dengan meningkatkan efisiensi kerja peralatan salah satunya adalah dengan menambahkan sistem kontrol pada motor kipas angin di bagian evaporator dan kondensor. Dalam melakukan pengontrolan pada komponen-komponen mesin pendingin kompresi uap ini, perlu dipertimbangkan juga aspek beban pendinginan yang dimiliki oleh mesin pendingin itu sendiri. Pada penelitian sebelumnya, telah dilakukan perancangan sistem refrigerasi kompresi uap dengan mengontrol beban pendinginan yang bervariasi pada evaporator. Pada tugas akhir ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai efisiensi mesin pendingin kompresi uap, ditambahkan sebuah sistem yang diberi beban pendinginan yang bervariasi pada evaporator, sehingga dapat diketahui pengaruh penambahan beban pendingin yang bervariasi pada evaporator mesin pendingin kompresi uap dan untuk.mendapatkan karakteristik dari sistem tersebut. Penerapan sistem kendali dilakukan dengan menerapkan 2 metode, yaitu pengendalian dengan sistem on-off dan kontrol motor berdasarkan kecepatan motor. Hasil akhir yang didapatkan yaitu metode kontrol yang paling optimal untuk mesin pendingin kompresi uap adalah metode pengontrolan dengan menggunakan VSD (variable speed drive) dengan konsumsi energi listrik yang lebih rendah dibandingkan dengan metode kontrol on-off. Variasi beban pendinginan dapat mempenagruhi kecepatan pendinginan sistem refrigerasi kompresi uap. Apabila beban pendinginan bertambah, maka kecepatan pendinginan menurun. Begitupun sebaliknya, apabila beban pendinginan berkurang, maka kecepatan pendinginan meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Zulkifli Amin, Ph.D
Uncontrolled Keywords: mesin pendingin kompresi uap, evaporator, kondensor, sistem kontrol on-off, sistem kontrol variable speed drive (VSD), mikrokontroller, koefisien prestasi (COP)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 10 Nov 2023 07:13
Last Modified: 10 Nov 2023 07:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456679

Actions (login required)

View Item View Item