Pengaruh Penambahan Ekstrak Bawang Putih Terhadap Kekuatan Tarik Dan Daya Serapan Uap Air Pada Film Bioplastik Antimikroba

Adisti Dinda, Ramadani (2023) Pengaruh Penambahan Ekstrak Bawang Putih Terhadap Kekuatan Tarik Dan Daya Serapan Uap Air Pada Film Bioplastik Antimikroba. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (22kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penggunaan plastik sintetik yang cukup tinggi saat ini memberi dampak buruk berupa pencemaran lingkungan baik tanah maupun laut karena sulitnya terurai di alam. Pati menjadi salah satu bahan yang berpotensi sebagai pengembangan plastik biodegradable atau bioplastik karena merupakan polimer yang mudah terurai, tidak beracun dan murah. Namun pati memiliki sifat mekanik yang buruk dan sifat hidrofilik yang tinggi. Pengunaan material lainnya dengan bahan biodegradable diperlukan salah satunya adalah polyvinyl alcohol (PVA) yang juga berpotensi untuk pengembangan bioplastik karena merupakan polimer biodegradable hidrofilik yang larut dalam air dan tidak beracun. Polyvinyl alcohol juga memiliki kelemahan pada kekuatan tarik, aktivitas mikroba, dan perlindungan ultraviolet (UV). Untuk mengatasi kekurangan pati dan polyvinyl alcohol diperlukan tambahan material guna untuk meningkatkan kekuatan tarik serta menurunkan daya serapan uap air film bioplastik yaitu gambir (Uncaria roxb gambir), dan ekstrak bawang putih. Pada penelitian ini terdapat empat variasi yaitu PVA ditambahkan pati, gambir dan 0 gr ekstrak bawang putih, PVA ditambahkan pati, gambir dan 2 gr ekstrak bawang putih, PVA ditambahkan pati, gambir dan 4 gr ekstrak bawang putih, serta PVA ditambahkan pati, gambir dan 6 gr ekstrak bawang putih. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan gambir dan ekstrak bawang putih dapat meningkatkan kekuatan tarik serta menurukan nilai serapan uap air pada film bioplastik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ing. Hairul Abral
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pati, polyvinyl alcohol, gambir, ekstrak bawang putih, kekuatan tarik, serapan uap air.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 09 Nov 2023 08:10
Last Modified: 09 Nov 2023 08:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456672

Actions (login required)

View Item View Item