Pengaruh Ekstrak Etanol Akar Kuning (Coscinium fenestratum (Gaertn.) Colebr) Dosis Tinggi Terhadap Kehamilan Pada Mencit

Gita, Andriani (2023) Pengaruh Ekstrak Etanol Akar Kuning (Coscinium fenestratum (Gaertn.) Colebr) Dosis Tinggi Terhadap Kehamilan Pada Mencit. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan abstrak (1).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 8 November 2024.

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 8 November 2024.

Download (1MB)
[img] Text (Bab Akhir)
Bab akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 8 November 2024.

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi full)
Skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 8 November 2024.

Download (2MB)

Abstract

Akar kuning (Coscinium fenestratum (Gaertn.) Colebr) merupakan tumbuhan dari famili Menispermaceae yang memiliki senyawa penanda berupa alkaloid yaitu berberine. Akar kuning dimanfaatkan sebagai antihipertensi, antiinflamasi, antidiabetes, antimalaria, antimikroba, antikanker, dan disentri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ekstrak etanol akar kuning memiliki efek toksik pada dosis tinggi terhadap kehamilan pada mencit. Sebanyak 24 ekor mencit betina hamil dibagi menjadi 4 kelompok yaitu kelompok 1 yaitu kontrol negatif (NaCMC 1%), dan kelompok 2,3 dan 4 berturut-turut diberikan ekstrak dengan dosis 1000, 2000 dan 4000 mg/kgbb. Ekstrak etanol diberikan pada fase organogenesis yaitu pada hari ke-6 sampai hari ke-15 kehamilan untuk diamati berat badan mencit. Pada hari ke-18 induk mencit dilaparatomi untuk diamati berat badan fetus, jumlah fetus, kelainan morfologi, viseral dan skeletal. Data yang diperoleh dianalisis dengan ANOVA satu arah dan uji lanjut Duncan. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa pemberian ekstrak etanol akar kuning selama kehamilan pada mencit dapat mempengaruhi berat badan induk pada dosis 1000 dan 2000 mg/kgbb, hal ini terjadi karena induk mencit mengalami keguguran, dan pemberian dosis 4000 mg/kgbb induk mencit mengalami kematian. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol akar kuning pada dosis tinggi dapat berpengaruh terhadap kehamilan pada mencit berupa penurunan berat badan dan kematian pada induk mencit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. apt. Dwisari Dillasamola, M.Farm
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D051 Ancient History
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: S1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:13
Last Modified: 13 Nov 2023 02:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456575

Actions (login required)

View Item View Item