STRATEGI PETANI KARET DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN RUMAH TANGGA Studi Kasus Petani Karet di Desa Sebapo, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi)

Indah, Ramadhan Putri (2023) STRATEGI PETANI KARET DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN RUMAH TANGGA Studi Kasus Petani Karet di Desa Sebapo, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER)
cover absrak.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA...pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (Full Skripsi Text)
Full Skripsi text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indah Ramadhan Putri (1910822020). “Strategi Petani Karet dalam Memenuhi Kebutuhan Rumah Tangga (Studi Kasus Petani Karet di Desa Sebapo, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi)”. Pembimbing I Prof. Dr. Erwin. M.Si dan Pembimbing II Dra. Ermayanti, M.Si Departemen Antropologi Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas Salah satu mata pencaharian masyarakat di Desa Sebapo yang awalnya hampir sebagian masyarakatnya bekerja sebagai petani karet. Namun, beberapa tahun belakang ini banyak petani karet yang beralih pekerjaan dikarenakan adanya berbagai masalah seperti fluktasi harga, permasalahan tanaman, gugur daun, jamur putih dan pohon yang sudah tua sehingga tidak banyak lagi menghasilkan getah. Selain itu permasalahan yang di hadapi petani adalah permasalahan di bidang ekonomi dalam hal pemenuhan kebutuhan rumah tangga mereka. Biaya kebutuhan hidup yang semakin tinggi tidak sebanding dengan pendapatan yang di dapatkan dari hasil menyadap karet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi petani tetap bertahan sebagai petani karet dan mendeskripsikan bagaimama strategi petani karet dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik obseravasi, teknik wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Dalam pemilihan informan menggunakan Teknik purposive yang mana informan dipilih berdasarkan tujuan penelitian. Data yang di dapatkan kemudian di analisis dengan cara memilih data yang di dapatkan, di kategorikan berdasarkan kategori yang telah ada. Lalu melakukan penafsiran dan penarikan kesimpulan untuk menjawab permasalahan penelitian. Hasil penelitian di dapatkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi petani bertahan sebagai petani karet yaitu ketidakberanian petani beralih ke jenis pertanian lain, tidak memiliki lahan lain selain lahan karet, kurangnya modal untuk menanam jenis pertanyaan lain dan juga permasalahan ekonomi petani dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga dilihat berdasarkan jumlah pendapatan, jumlah pengeluaran, kepemilikan asset, dan jumlah tanggungan. Strategi yang digunakan petani yaitu melakukan pekerjaan sampingan, melakukan penghematan, melibatkan potensi keluarga seperti melibatkan istri dan anak, menggunakan jaringan sosial contohnya melakukan kerjasama dengan petani lain dengan sistem bagi hasil. Kata Kunci : Petani Karet, Faktor bertahan, Kebutuhan, Strategi Memenuhi Kebutuhan Rumah Tangga

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Erwin, M.Si
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S1 Antropologi Sosial
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:38
Last Modified: 08 Nov 2023 07:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456510

Actions (login required)

View Item View Item