DINAMIKA SOSIAL BUDAYA DALAM UPACARA SEDEKAH BUMI (Studi Kasus Di Desa Kampung Melayu, Kec. Bermani Ulu, Kab. Rejang Lebong)

Reno, Renaldi (2023) DINAMIKA SOSIAL BUDAYA DALAM UPACARA SEDEKAH BUMI (Studi Kasus Di Desa Kampung Melayu, Kec. Bermani Ulu, Kab. Rejang Lebong). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstarak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
_BAB I.pdf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V (Penutup_Saran).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka .pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Full Reno Renaldi)
Skripsi full Reno Renaldi (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (56MB)

Abstract

INTISARI Reno Renaldi, 1910822025, Skripsi Strata 1, “Dinamika Sosial Budaya Dalam Upacara Sedekah Bumi (Studi Kasus Di Desa Kampung Melayu, Kec. Bermani Ulu, Kab. Rejang Lebong)”, Jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Andalas, Tahun 2023. Upacara sedekah bumi adalah tradisi masyarakat agraris Jawa yang dilaksanakan sebagai bentuk syukur dan tolak bala yang masih dilaksanakan oleh masyarakat Jawa di Desa Kampung Melayu, Kec. Bermani Ulu, Kab. Rejang Lebong sebagai masyarakat pendatang. Seiring perkembangan penduduk Di Desa Kampung Melayu terdapat keberagaman etnis yang mana masyarakat Jawa hidup berdampingan dengan masyarakat suku lainnya seperti Suku Batak, Sunda, Minangkabau, Rejang dan Serawai yang saling berinteraksi satu sama lain dan terjadinya kontak kebudayaan membuat terjadinya perpaduan kebudayaan. Seperti dalam pelaksanaan upacara sedekah bumi di Desa Kampung Melayu yang dilaksanakan oleh seluruh masyarakat desa yang dilibatkan, yang mana dengan adanya keikutsertaan masyarakat suku lain dalam pelaksanaan upacara sedekah bumi membuat adanya akulturasi atau perpaduan kebudayaan dan perubahan atau dinamika sosial budaya yang terjadi dalam pelaksanaan upacara sedekah bumi di Desa Kampung Melayu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana proses upacara sedekah bumi dan melihat perubahan atau dinamika sosial budaya yang terjadi dalam upacara sedekah bumi di Desa Kampung Melayu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan serta dokumentasi. Unit analisisnya adalah individu atau masyarakat dan upacara sedekah bumi, dengan menggunakan purposive sampling terdapat 9 orang informan inti dan 4 orang informan biasa yang terdiri dari pemerintahan desa, tokoh adat, tokoh agama, sesepuh desa, tokoh masyarakat dan informan biasa terdiri dari masyarakat desa pada umumnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upacara sedekah bumi di Desa Kampung Melayu dilaksanakan satu tahun sekali dan sekaligus ikut melibatkan seluruh elemen masyarakat desa baik masyarakat Jawa dan masyarakat suku lainnya dalam proses persiapan, pelaksanaan dan penutupan. Masyarakat memiliki kepercayaan bahwa pelaksanaan upacara sedekah bumi sebagai sarana untuk meminta keselamatan dijauhkan dari marabahaya atau musibah dan mempererat tali silaturahmi. Selain itu dengan terlibatnya masyarakat suku lain dalam upacara sedekah bumi yang dilaksanakan hingga sekarang ini membuat terjadinya akulturasi atau perpaduan kebudayaan dan perubahan atau dinamika sosial budaya dalam upacara sedekah bumi yang berkaitan dengan unsur kebudayaan seperti masyarakat yang menghadiri, waktu dan tempat pelaksanaan, atribut yang digunakan, aktivitas kebudayaan yang dilaksanakan, dan bahasa yang gunakan. Kata kunci: Kebudayaan, Sedekah Bumi, Dinamika Sosial Budaya

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Sidarta Pujiraharjo, S.Sos, M. Hum
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S1 Antropologi Sosial
Date Deposited: 10 Nov 2023 06:42
Last Modified: 10 Nov 2023 06:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456509

Actions (login required)

View Item View Item