EFISIENSI USAHA PEMELIHARAAN AYAM PEDAGING (BROILER) MENGGUNAKAN SISTEM KANDANG TERBUKA (OPEN HOUSE ) POLA KEMITRAAN PADA SKALA USAHA YANG BERBEDA DI KOTA PADANG

Rinta, Silvi Nora (2023) EFISIENSI USAHA PEMELIHARAAN AYAM PEDAGING (BROILER) MENGGUNAKAN SISTEM KANDANG TERBUKA (OPEN HOUSE ) POLA KEMITRAAN PADA SKALA USAHA YANG BERBEDA DI KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak (1).pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan) (1).pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (BAB AKHIR (Penutup))
BAB AKHIR (Penutup).pdf - Published Version

Download (25kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka (3).pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh (Full Teks))
Tugas Akhir Utuh (Full Teks).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur biaya, struktur penerimaan, pendapatan dan efisiensi usaha pemeliharaan ayam broiler dengan system pemeliharaan kandang terbuka (open house) yang bermitra dengan PT.X. objek yang dianalisis berskala 4.000 ekor/periode pemeliharaan dan 10.000 ekor/periode pemeliharaan. Penelitian dilaksanakan di Kota Padang sejak bulan Maret – Juli 2023. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Data yang digunakan berupa data primer untuk 1 periode pemeliharaan dan data sekunder untuk dua periode pemeliharaan. Analisis skala dilakukan dengan statistik deskriptuif dengan dilengkapi dengan analisis kuantitatif. Efisiensi pemeliharaan diukur dengan 2 (dua) indikator yaitu ROA dan R/C Ratio. Hasil penelitian mendapatkan komposisi struktur biaya, struktur penerimaan, dan pendapatan pemeliharaan broiler pada skala usaha kecil terlihat tidak jauh berbeda pada skala usaha yang lebih besar. Komposisi biaya tetap pada skala kecil 1,14% sedangkan pada skala besar 1,10% dari total biaya sedangkan untuk komposisi biaya variabelskala kecil 98,86% tidak jauh berbeda dengan skala besar 98,90% dari total biaya.Komposisi penerimaan pada penjualan ayam pada skala kecil 99,16% dan skala besar 98,56%, perbedaan yang signifikan pada bonus FCR pada skala kecil 0,06% sedangkan pada skala besar 1,01% dari total penerimaan. Pada pendapatan usaha skala kecil mendapatkan kerugian -4,85%, sedangkan skala besar masih mendapatkan keuntungan 3,06%. Pada indikator efisiensi usaha terdapat perbedaan yang signifikan antara skala kecil dan besar yaitu pada Return On Asset (ROA)pada skala kecil -6,93% dengan R/C Rasio 0,95 yang artinya usaha rugi dan tidak efisien, sedangkan pada skala besar Return On Asset (ROA) 5,42% dengan R/C Rasio 1,03 yang artinya usaha menguntungkan dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Ir.Asdi Agustar,M.Sc dan Ir.Amrizal Anas,MP
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Ayam Broiler, Struktur Biaya, Efisiensi Usaha, Struktur Penerimaan, dan Pendapatan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:47
Last Modified: 07 Nov 2023 07:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456361

Actions (login required)

View Item View Item