Analisis Semiotika Tanda Verbal dan Tanda Nonverbal dalam Iklan Pariwisata Kota Beppu Jepang di Masa Penyebaran COVID-19

Nabila, Intani Umari (2023) Analisis Semiotika Tanda Verbal dan Tanda Nonverbal dalam Iklan Pariwisata Kota Beppu Jepang di Masa Penyebaran COVID-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (396kB)
[img] Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (603kB)
[img] Text (Bab Akhir (Penutup atau Kesimpulan))
BAB Akhir (Penutup atau Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (463kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis makna tanda verbal dan tanda nonverbal dalam iklan pariwisata Kota Beppu Jepang di masa penyebaran COVID-19 melalui pendekatan semiotika. Objek yang diteliti adalah iklan pariwisata berjudul [別府温泉おもてなし再開] 全 CM まとめ [Beppu onsen omotenashi saikai] zen CM matome. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teori semiotika yang digunakan untuk menganalisis makna tanda verbal dan tanda nonverbal adalah teori semiotika oleh Roland Barthes (2017) yang menerapkan sistem signifikasi dua tingkat, sehingga setiap tanda menghasilkan makna denotatif dan makna konotatif. Dalam penelitian ini ditemukan sebanyak 36 tanda yang terdiri dari 19 tanda verbal dan 17 tanda nonverbal. Tanda verbal dan tanda nonverbal yang diteliti memiliki keterkaitan makna satu sama lain. Setiap tanda yang ditemukan memiliki makna berupa upaya mempromosikan objek wisata yang dilakukan oleh masyarakat serta pemerintah daerah Kota Beppu, selain itu juga terdapat tanda-tanda yang mengkampanyekan upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Kata kunci : semiotika, Roland Barthes, tanda verbal, tanda nonverbal, Kota Beppu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rahtu Nila Sepni, M.Hum.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: s1 sastra jepang
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:18
Last Modified: 07 Nov 2023 07:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456321

Actions (login required)

View Item View Item