ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD TAPAN KABUPATEN PESISIR SELATAN

Anggelina, Effendi (2023) ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD TAPAN KABUPATEN PESISIR SELATAN. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (BAB VII Kesimpulan)
3. BAB VII kesimpulan.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (Thesis Full Text)
5. Full Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah kepuasan pasien rawat inap RSUD Kab. Pesisir Selatan perlu dievaluasi karena pada survei awal 46,7% responden merasa tidak puas terhadap kinerja petugas RSUD Kab. Pesisir Selatan, 73,6% keluhan berasal dari unit farmasi, laboratorium, kasir, dan rawat inap RSUD Kab. Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan terhadap dimensi kualitas pelayanan (reliability, assurance, tangible, emphaty, responsiveness) dan menganalisis atribut yang diprioritaskan untuk diperbaiki. Penelitian dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dengan kuesioner SERVQUAL yang telah dimodifikasi terhadap 162 sampel dengan menggunakan diagram Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap dimensi kualitas pelayanan sangat baik (89,8%), tiga masalah yang perlu ditingkatkan yaitu: prosedur pendaftaran dan pemulangan pasien rawat inap (88%); prosedur pelayanan rawat inap (88,6%); dan kunjungan rutin oleh petugas kesehatan terkait kondisi dan perkembangan penyakit pasien selama perawatan (87,8%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas layanan di RSUD sangat baik, tetapi layanan tersebut perlu memenuhi standar layanan minimal pemerintah. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan tersebut, perlu dilakukan evaluasi ulang untuk merevisi SK dan SOP pelayanan dan melakukan sosialisasi dengan petugas di RSUD.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. Husna Yetti, PhD
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, Kualitas Pelayanan, Analisis Kinerja Kepentingan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 08 Nov 2023 04:28
Last Modified: 08 Nov 2023 04:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456207

Actions (login required)

View Item View Item