PENGARUH TEPUNG KACANG PAGA (Phaseolus lunatus L.) SEBAGAI AGEN DALAM MEMPERBAIKI KERUSAKAN STRUKTUR HISTOLOGI USUS HALUS DAN PROFIL DARAH TIKUS MALNUTRISI

Chairunnisa, Azzahra .H (2023) PENGARUH TEPUNG KACANG PAGA (Phaseolus lunatus L.) SEBAGAI AGEN DALAM MEMPERBAIKI KERUSAKAN STRUKTUR HISTOLOGI USUS HALUS DAN PROFIL DARAH TIKUS MALNUTRISI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN)
BAB akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Malnutrisi merupakan ketidakseimbangan asupan energi dan nutrisi yang berdampak pada berat badan, pencernaan dan hematologi manusia. Indonesia masih berusaha menanggulangi angka malnutrisi yang sudah melebihi batas yang ditetapkan WHO (20%) yaitu sekitar 27%. Kacang paga berpotensi sebagai pangan lokal yang memiliki makro serta mikronutrien bernilai murah dan mudah diperoleh mengatasi efek malnutrisi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis asam amino dan pengaruh tepung kacang paga (Phaseolus lunatus L.) dalam memperbaiki kerusakan usus halus dan profil darah tikus malnutrisi. Kerusakan pada usus halus dilihat dengan mengamati morfomteri dan histomorfemtri usus halus. RBC (Red Blood Cell), hemoglobin, dan hematokrit pada profil darah. Penelitian menggunakan metode eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat macam perlakuan; kelompok diet normal (P1), kelompok diet malnutrisi (P2), kelompok diet malnutrisi ditambah kacang paga 25% (P3), dan kelompok diet malnutrisi ditambah kacang paga 50%. Dari hasil penelitian didapatkan pada 14 jenis asam amino tepung kacang paga memiliki kemampuan antioksidan dan antiinflamasi. Pada kelompok perlakuan kacang paga 50% dapat meningkatkan berat badan, memperbaiki kerusakan usus halus berupa peningkatan ketebalan mukosa, panjang vili dan pedalaman kripta pada perlakuan tikus malnutrisi. Tepung kacang paga memiliki potensi mencegah terjadinya anemia pada tikus kondisi malnutrisi dengan meningkatkan nilai RBC (Red Blood Cell), hemoglobin, dan hematokrit. Pemberian kacang paga dosis 50% menunjukkan adanya peran dalam pencegahan kerusakan lanjut akibat malnutrisi serta perbaikan atau regenerasi jaringan usus halus pasca malnutrisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rita Maliza
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Malnutrisi, Phaseolus lunatus L., usus halus, profil darah.
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Unand
Date Deposited: 10 Nov 2023 04:11
Last Modified: 10 Nov 2023 04:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456137

Actions (login required)

View Item View Item