Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Penggunaan Media Sosial dengan Keikutsertaan pada Program Vaksinasi COVID-19 di Kelurahan Pangkalan Kerinci Kota

Fitri, Salwa Huriani (2023) Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Penggunaan Media Sosial dengan Keikutsertaan pada Program Vaksinasi COVID-19 di Kelurahan Pangkalan Kerinci Kota. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (715kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (908kB)
[img] Text (Penutup)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Vaksinasi COVID-19 merupakan salah satu cara dalam menghentikan penyebaran COVID-19 dengan menimbulkan kekebalan spesifik terhadap virus penyebab sehingga dapat mengurangi keparahan gejala jika terpapar. Tingkat pengetahuan dan penggunaan media sosial merupakan beberapa faktor yang dapat memengaruhi pelaksanaannya. Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan penggunaan media sosial dengan keikutsertaan pada program vaksinasi COVID-19 di Kelurahan Pangkalan Kerinci Kota. Penelitian ini merupakan penelitian analitik cross sectional. Responden penelitian ini adalah 106 masyarakat yang tinggal di Kelurahan Pangkalan Kerinci Kota usia 17-65 tahun. Penentuan jumlah sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dan pemilihan sampel dengan teknik consecutive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji bivariat Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan yang baik mengenai vaksin COVID-19 dan sebagian besar menggunakan media sosial. Penelitian ini menyimpulkan tidak terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan keikutsertaan pada vaksinasi COVID-19 dengan nilai p=0,610 dan tidak terdapat hubungan antara penggunaan media sosial dengan keikutsertaan pada vaksinasi COVID-19 dengan nilai p=0,460.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Lili Irawati, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: COVID-19, vaksinasi, pengetahuan, media sosial, keikutsertaan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 03 Nov 2023 04:30
Last Modified: 03 Nov 2023 04:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455995

Actions (login required)

View Item View Item