KEMAMPUAN BEBERAPA EKOENZIM DARI KULIT BUAH-BUAHAN UNTUK MENEKAN PERTUMBUHAN JAMUR Alternaria porri (Ellis). Cif. PADA BAWANG MERAH

Yuliana, Fitri (2023) KEMAMPUAN BEBERAPA EKOENZIM DARI KULIT BUAH-BUAHAN UNTUK MENEKAN PERTUMBUHAN JAMUR Alternaria porri (Ellis). Cif. PADA BAWANG MERAH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
3. BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text (Full Text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)

Abstract

Jamur Alternaria porri merupakan patogen penting dalam budidaya bawang merah yang menyebabkan kerusakan dan turunnya hasil panen, dengan kehilangan hasil dapat mencapai 50%. Ekoenzim dari kulit buah-buahan adalah salah satu alternatif yang dapat digunakan sebagai fungisida yang ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan ekoenzim dari kulit buah-buahan yang paling baik dalam menekan pertumbuhan jamur A. porri secara in vitro. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 5 ulangan dimana masing-masing ulangan terdiri dari 2 unit percobaan, perlakuan terdiri dari ekoenzim asal kulit buah nanas, kulit buah jeruk, kulit buah pisang, kulit buah pepaya, fungisida berbahan aktif propinep 70% (antracol) dan tanpa perlakuan (kontrol). Penelitian menggunakan metode peracunan media. Variabel pengamatan terdiri dari karakteristik makroskopis jamur, luas koloni jamur, jumlah konidia, daya kecambah konidia, jumlah propagul jamur, berat segar jamur dan berat kering jamur. Hasil penelitian menunjukan bahwa ekoenzim yang berasal dari kulit buah nanas, kulit buah jeruk, kulit buah pepaya dan kulit buah pisang mampu menghambat pertumbuhan jamur A. porri dengan efektivitas daya hambat paling rendah sebesar 67,21% dan efektivitas tertinggi sebesar 100%. Ekoenzim dari kulit buah pepaya dan kulit buah pisang merupakan ekoenzim terbaik dalam menghambat pertumbuhan jamur A. porri dengan efektivitas daya hambat masing-masing sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Jumsu Trisno, SP. Msi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:42
Last Modified: 06 Nov 2023 06:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455932

Actions (login required)

View Item View Item