Hubungan Derajat Nyeri Low Back Pain dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Lanjut Usia Di Wilayah Kerja Puskesmas Padang Kandis Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota

Muhammad, Bintang Alvinanda (2023) Hubungan Derajat Nyeri Low Back Pain dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Lanjut Usia Di Wilayah Kerja Puskesmas Padang Kandis Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (639kB)
[img] Text (BAB 1. Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN .pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text (BAB 7. Penutup)
BAB 7. Penutup.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Text (Skripsi Full Teks)
Skripsi Muhammad Bintang Alvinanda.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Low back pain (LBP) adalah rasa sakit yang dirasakan di punggung bagian bawah. Bisa berupa nyeri lokal, nyeri radikuler, atau terjadi dalam waktu yang bersamaan. Banyak faktor yang dapat menyebabkan penurunan kebugaran jasmani salah satunya adalah LBP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan derajat nyeri LBP dengan tingkat kebugaran jasmani pada lansia yang berada di wilayah kerja Puskesmas Padang Kandis Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross-sectional. Subjek penelitian ini didapatkan sebanyak 47 lansia yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yang telah dipilih dengan metode consecutive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui survei yang meliputi kuesioner VAS (Visual Analog Scale), LBP (Low Back Pain), PAR-Q (Physical Activity Readiness Questionnaire) dan tes Six Minute Walking. Analisis data dilakukan dengan uji Chi-Square. Hasil analisis data didapatkan nilai p = 0,457 (p > 0,05). Karena p-value > 0,05 (0,457 > 0,05), maka kesimpulannya adalah pengujian ditolak yang berarti “Tidak terdapat hubungan antara derajat nyeri LBP dengan tingkat kebugaran jasmani pada lansia di wilayah kerja Puskesmas Padang Kandis Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat”. Kesimpulan penelitian ini tidak terdapat hubungan antara tingkat LBP dengan tingkat kebugaran jasmani pada lansia di wilayah kerja kerja Puskesmas Padang Kandis Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Roza Mulyana, Sp.PD, K-GER, FINASIM
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Low Back Pain, Kebugaran Jasmani, Lanjut Usia
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:49
Last Modified: 31 Oct 2023 07:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455893

Actions (login required)

View Item View Item