EVALUASI KANDUNGAN NUTRISI AUR-AUR (Commelina diffusa burn f) DAN ARA SUNGSANG (Asystasia gangetica) SEBAGAI PAKAN RUSA DI EDU FARM FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS ANDALAS

Hendrizal, Sumardi (2023) EVALUASI KANDUNGAN NUTRISI AUR-AUR (Commelina diffusa burn f) DAN ARA SUNGSANG (Asystasia gangetica) SEBAGAI PAKAN RUSA DI EDU FARM FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan nutrisi dan kualitas aur-aur (Commelina diffusa burn f) dan ara sungsang (Asystasia gangetica) sebagai pakan rusa yang ditangkarkan di Edu Farm Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pengamatan dan pengambilan sampel dilapangan untuk dianalisa. Analisa kandungan nutrisi pakan dengan analisa proksimat yang dilakukan di Laboratorium Nutrisi Non Ruminansia Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Peubah yang diamati pada penelitian ini yaitu kandungan kimia aur-aur (Commelina diffusa burn f) dan ara sungsang (Asystasia gangetica sebagai pakan rusa di Edu Farm Fakultas Peternakan Universitas Andalas meliputi; bahan kering (BK), kadar abu, protein kasar (PK), serat kasar (SK), lemak kasar (LK), kalsium (Ca) dan fosfor (P). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kandungan nutrisi aur-aur (Commelina diffusa burn f) dan ara sungsang (Asystasia gangetica) sebagai pakan rusa di Edu Farm Fakultas Peternakan Universitas Andalas memiliki kandungan nutrisi yaitu berturut-turut BK=25,58%-21,98%, Abu=9,77%-10,23%, PK=12,70%-23,23%, SK=10,60%-14,43%, LK=2,14%-2,51%, Ca=0,149%-0,147%, P=0,194%-0,224%. Hasil tersebut menunjukan bahwa aur-aur (Commelina diffusa burn f) dan ara sungsang (Asystasia gangetica) tergolong pakan yang berkualitas baik, dapat dilihat dari kandungan nutrisinya yang cukup tinggi terutama ara sungsang (Asystasia gangetica) yang dapat dijadikan sebagai pakan sumber protein, sebab memiliki kandungan PK diatas 20%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Adrizal, M.Si
Uncontrolled Keywords: Ara sungsang, Aur-aur, Kandungan Nutrisi, Pakan Rusa, Rusa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:38
Last Modified: 26 Oct 2023 04:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455685

Actions (login required)

View Item View Item