Kekerasan Seksual terhadap Penyandang Disabilitas dalam Pemberitaan Media Online (Analisis Framing Model Robert N. Entman pada Berita di Kompas.com Edisi Januari-Februari 2023)

Windy Luthfiah, Hamidi (2023) Kekerasan Seksual terhadap Penyandang Disabilitas dalam Pemberitaan Media Online (Analisis Framing Model Robert N. Entman pada Berita di Kompas.com Edisi Januari-Februari 2023). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (Skripsi full text)
FINAL SKRIPSI WINDY LUTHFIAH HAMIDI 1910861005.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penyandang disabilitas sering mendapatkan perlakuan diskriminasi karena adanya stigma yang melekat sebagai makhluk yang lemah. Stigma ini menyebabkan penyandang disabilitas juga rentan mengalami tindak kekerasan seksual. Skripsi ini membahas pembingkaian kasus kekerasan seksual terhadap penyandang disabilitas yang dipublikasikan oleh media online nasional Kompas.com melalui analisis framing Robert N. Entman. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat penerapan pedoman pemberitaan ramah disabilitas yang telah diatur oleh Dewan Pers. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruksionis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompas.com dalam membingkai kasus kekerasan seksual terhadap penyandang disabilitas fokus dalam tiga kategori, yaitu proses penangkapan pelaku oleh polisi, status pelaku, dan kondisi korban setelah terjadinya kekerasan seksual. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesalahan Kompas.com yang memuat berita yang tidak faktual. Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa terdapat sejumlah berita yang berpotensi menimbulkan stereotip dan stigma terhadap penyandang disabilitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Elva Ronaning Roem, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: framing, kekerasan seksual terhadap penyandang disabilitas, Kompas.com, pemberitaan ramah disabilitas.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 19 Oct 2023 08:25
Last Modified: 19 Oct 2023 08:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455523

Actions (login required)

View Item View Item