Pemberian Tepung Rumput Laut Cokelat (Phaeophyceae) Spesies Sargassum crassifolium dalam Ransum dan Pengaruhnya terhadap Bobot Hidup, Persentase Karkas, dan Persentase Lemak Abdomen Broiler

Dian, Saputri (2023) Pemberian Tepung Rumput Laut Cokelat (Phaeophyceae) Spesies Sargassum crassifolium dalam Ransum dan Pengaruhnya terhadap Bobot Hidup, Persentase Karkas, dan Persentase Lemak Abdomen Broiler. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (74kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PEMBERIAN TEPUNG RUMPUT LAUT COKELAT (Phaeophyceae) SPESIES Sargassum crassifolium DALAM RANSUM DAN PENGARUHNYA TERHADAP BOBOT HIDUP, PERSENTASE KARKAS, DAN PERSENTASE LEMAK ABDOMEN BROILER DIAN SAPUTRI, dibawah bimbingan Prof. Dr. Ir. Maria Endo Mahata, MS dan Sepri Reski, S.Pt., M.Pt Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2023 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung rumput laut cokelat (Phaeophyceae) spesies Sargassum crassifolium (TRLCSc) yang telah diturunkan kadar garamnya pada air mengalir selama 15 jam dalam ransum terhadap bobot hidup, persentase karkas, dan persentase lemak abdomen broiler. Penelitian ini menggunakan 100 ekor DOC strain Lohman galur MB-202 Platinum tanpa pemisahan jantan dan betina dengan berat awal rata-rata 45,2± 2,82 g/ekor. Pada umur 0-1 minggu broiler diberi ransum komersial Bravo 511 dan pada umur 2 sampai 6 minggu diberi ransum perlakuan yang mengandung TRLCSc. Kandang yang digunakan pada penelitian yaitu kandang box dengan ukuran 60 cm x 50 cm x 50 cm sebanyak 20 unit, dan setiap unit ditempati oleh 5 ekor broiler. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan terdiri dari A (0% TRLCSc), B (6% TRLCSc), C (12% TRLCSc), dan D (18% TRLCSc). Hasil penelitian menunjukkan pemberian TRLCSc dalam ransum berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap bobot hidup, persentase karkas dengan kulit dan tanpa kulit, serta berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap lemak abdomen broiler. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemberian TRLCSc dalam ransum broiler sampai level 18% dapat mempertahankan bobot hidup, persentase karkas dengan kulit dan tanpa kulit, serta dapat menurunkan lemak abdomen broiler. Pada penelitian ini diperoleh bobot hidup 1776,80 g/ekor, persentase karkas dengan kulit 67,40% dan persentase karkas tanpa kulit 60,90%, serta lemak abdomen 0,58% dengan persentase penurunan lemak abdomen sebesar 54,84%. Kata Kunci: Broiler, Bobot hidup, Karkas, Lemak abdomen, Sargassum crassifolium.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Maria Endo Mahata, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 20 Oct 2023 04:39
Last Modified: 20 Oct 2023 04:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455491

Actions (login required)

View Item View Item