FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA SISWA JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT TAHUN 2023

Eka, Putri Delni (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA SISWA JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan)
3. Bab Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (Skripsi full text)
5. Eka Putri Delni_1911212050_Skripsi Fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan Penelitian: Kegiatan pembelajaran di SMK lebih banyak berupa praktik di bengkel kerja atau laboratorium yang mempunyai potensi bahaya. Berdasarkan survei awal, 9 dari 10 siswa jurusan teknik mesin SMKN 1 Sumatera Barat pernah mengalami kecelakaan kerja seperti terjepit, tersentrum, dan keluhan gangguan mata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku K3 siswa jurusan teknik mesin di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional yang dilakukan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat pada Februari – September 2023. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI dan XII jurusan teknik mesin dengan sampel sebanyak 76 siswa dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Data primer didapatkan melalui kuesioner yang dianalisis secara univariat dan bivariat dengan uji chi-square.Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 47,4% perilaku kurang baik, 55,3% ketersediaan sarana dan prasarana kurang memadai dan 50% pengawasan guru kurang baik. Terdapat hubungan yang bermakna antara ketersediaan sarana dan prasarana (p-value = 0,002) serta pengawasan guru (p-value = 0,006) dengan perilaku K3 kurang baik.Kesimpulan: Ketersediaan sarana dan prasarana serta pengawasan guru memiliki hubungan dengan perilaku terkait keselamatan dan kesehatan kerja siswa. Disarankan kepada sekolah melakukan kegiatan safety talk sebelum praktik dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Luthfil Hadi Anshari,SKM., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Perilaku K3, sarana dan prasarana, pengawasan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:00
Last Modified: 29 Dec 2023 07:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455392

Actions (login required)

View Item View Item