KONTRIBUSI USAHA GULA AREN TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI AREN DI DESA RAMBAH TENGAH BARAT KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU

Ilya, Sefni Amelia (2023) KONTRIBUSI USAHA GULA AREN TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI AREN DI DESA RAMBAH TENGAH BARAT KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (340kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutup))
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (Full text)
DOC-20231011-WA0009..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan yang diperoleh petani aren dari memproduksi gula aren di Desa Rambah Tengah Barat Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, serta menganalisis kontribusi pendapatan usaha gula aren terhadap pendapatan rumah tangga petani aren di Desa Rambah Tengah Barat Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian dilakukan di Desa Rambah Tengah Barat, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, yang dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2023 – 22 Juni 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan kuisioner penelitian. Metode pengambilan sampel adalah teknik sensus dengan jumlah sampel 33 responden. Metode analisis yang digunakan adalah perhitungan biaya produksi, perhitungan biaya penyusutan peralatan, perhitungan penerimaan usaha gula aren, perhitungan pendapatan usaha gula aren, perhitungan pendapatan ushatani selain usaha gula aren, perhitungan pendapatan dari non usahatani, pendapatan dari anggota rumah tangga petani aren, total pendapatan rumah tangga petani aren, dan kontribusi usaha gula aren terhadap pendapatan rumah tangga petani aren. Total pendapatan usaha gula aren di Desa Rambah Tengah Barat yang dijalankan oleh petani aren sebesar Rp975.717,- per bulan dengan kontribusi usaha gula aren terhadap pendapatan rumah tangga petani aren sebesar 49,96% dan termasuk dalam kategori kontribusi usaha sedang karena berada dalam rentang tabel kontribusi 33,3% sampai dengan 66,6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Faidil Tanjung, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Usaha, Pendapatan Usaha Gula Aren, Total Pendapatan Rumah Tangga.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:59
Last Modified: 11 Oct 2023 07:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455341

Actions (login required)

View Item View Item